Pengumuman SBMPTN Dimundurkan Hingga Bulan Agustus 2020

- Rabu, 24 Juni 2020 | 11:07 WIB
Ilustrasi: Tes penerimaan murid di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Banda Aceh, Aceh (ANTARA FOTO/Ampelsa)
Ilustrasi: Tes penerimaan murid di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Banda Aceh, Aceh (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) resmi memundurkan jadwal pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN).

Pengumuman yang seharusnya dilakukan pada 25 Juli 2020, mundur menjadi 20 Agustus 2020. Info ini disampaikan oleh Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih, Rabu (24/6/2020).

"Pelaksanaan UTBK pada kondisi normal baru (new normal), harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua komponen terlibat, dengan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat," jelas Prof. Nasih.

Pelaksanaan UTBK nantinya harus memperhatikan perkembangan Covid-19 di masing-masing Pusat UTBK PTN dan mendapat izin dari Satgas Covid daerah tersebut.

"Sesuai dengan arahan Dirjen Dikti Kemdikbud dan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, untuk mengurangi resiko penyebaran infeksi Covid-19 dan mengutamakan keselamatan peserta dan penyelenggara," kata Prof. Nasih.

Beberapa poin penting perubahan kebijakan SBMPTN dan UTBK 2020 adalah, tes UTBK diubah dari empat sesi menjadi dua sesi. Ada jeda waktu 2 jam 45 menit saat pergantian sesi yang digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan.

Tahap I, pada tanggal 5 – 14 Juli 2020;
Tahap II, pada tanggal 20 – 29 Juli 2020.

Peserta dari luar daerah yang tidak bisa hadir di di lokasi Pusat UTBK PTN tempat tes diadakan, boleh mengikuti tes UTBK di okasi Mitra UTBK Tambahan, di daerah setempat.

Pusat UTBK PTN juga bekerja sama dengan SMA/SMK/MA Mitra yang memenuhi persyaratan. Peserta tes diminta login kembali ke portal LTMPT. Waktu pencetakan Kartu Tanda Peserta Baru akan diinfokan lebih lanjut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X