Jokowi: Mini Lockdown Lebih Efektif, Jangan Generalisir Satu Provinsi

- Senin, 28 September 2020 | 11:34 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan intervensi berbasis lokal menjadi salah satu upaya yang diyakininya dapat menekan laju penambahan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Jokowi pun menjelaskan kalau intervensi berbasis lokal tersebut bisa dilakukan pada tingkat desa, kampung, RW, RT, serta juga perkantoran hingga pesantren.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menyebutkan penanganan Covid-19 dalam lingkup yang kecil itu adalah ‘mini lockdown’. Ia menilai bahwa hal tersebut lebih efektif dilakukan untuk menekan laju kasus Covid-19.

Mini lockdown yang berulang, itu akan lebih efektif,” ucap Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (28/9/2020).

Kendati demikian, pembatasan sosial dan ekonomi tersebut menurut Jokowi tidak efektif dilakukan pada tingkat yang lebih luas, yakni satu kabupaten/kota, bahkan suatu provinsi.

Pasalnya, jika hal itu dilakukan, menurut orang nomor satu di Indonesia tersebut akan berdampak pada banyak masyarakat, terutama dari segi ekonomi.

“Jangan sampai kita generalisir, satu kota, satu kabupaten, apalagi satu provinsi akan merugikan banyak orang,” tandasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X