Wamenag Minta Masyarakat Tak Ragu Gunakan Vaksin AstraZeneca

- Selasa, 23 Maret 2021 | 10:02 WIB
Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi. (Instagram/zainuttauhidsaadi)
Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi. (Instagram/zainuttauhidsaadi)

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu menggunakan vaksin Covid-19 AstraZeneca. Ia pun meminta publik menghentikan polemik kehalalan dari vaksin tersebut.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak ragu menggunakan vaksin AstraZeneca karena hal tersebut sudah mendapat fatwa dari MUI dan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EAU) terhadap penggunaan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca di Indonesia dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujar Zainut kepada Indozone melalui pesan singkat, Selasa (23/3/2021).

Menurut Zainut masyarakat harus segera menghentikan polemik terkait adanya perbedaan fatwa kehalalan dari vaksin AstraZeneca

Sebab, lanjut dia, karena baik yang memfatwakan halal maupun yang tidak berkesimpulan bahwa vaksin AstraZeneca boleh digunakan karena ada unsur kedaruratan dan kebutuhan syar'i yang  mendesak yaitu mengatasi pandemi Covid-19 yang sudah banyak menelan korban jiwa. 

“Dalam ajaran agama menjaga keselamatan jiwa manusia itu harus lebih diutamakan dan didahulukan,” imbuh Zainut.

BACA JUGA: Update Corona Dunia 23 Maret: 124 Juta Kasus, 100 Juta Sembuh

Selain itu, dia berkata dengan adanya program vaksinasi diharapkan dapat mencapai kekebalan kolektif (herd immunity), sehingga dapat menekan laju penyebaran Covid-19 di masyarakat.

“Untuk hal tersebut kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut mendukung program pemerintah tersebut agar masyarakat terbebas dari virus corona,” tandas Zainut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X