Anies Dipilih Anak Muda Jadi Presiden, PDIP Sebut Angkanya Beda Tipis dengan Ganjar

- Senin, 22 Maret 2021 | 13:35 WIB
Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)
Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)

Anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak mengomentari hasil perolehan survei Indikator Politik Indonesia yang menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan banyak dipilih oleh anak muda sebagai presiden.

Mengenai hal itu, Gilbert membandingkan dengan perolehan suara yang diperoleh oleh Ganjar Pranowo. Di survei itu, Anies mendapatkan suara 15,2 persen, dan Ganjar di posisi kedua dengan jumlah suara sebanyak 13,7 persen.

Oleh sebab itu, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini menilai kalau jumlah perolehan suara yang dimiliki kedua pimpinan tersebut beda tipis. Apalagi terdapat margin of error sebanyak 2,9 persen.

"Maka itu angka yang mirip, masih bisa terbalik karena melihat margin 2,9 persen yang bisa naik atau turun sebesar itu," ucap Gilbert kepada Indozone, Senin (22/3/2021).

BACA JUGA: Setahun Menikah Langsung Cerai, Istri: Kerja, Suami: Tidur, PUBG, Gaple, Minta Jatah

Selain itu, Gilbert pun mengatakan bahwa dalam survei tersebut masih banyak anak-anak muda yang tak menentukan pilihannya. Maka, masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi elektabilitas.

"Disamping itu, yang belum menentukan pilihan lebih dari 30 persen. Politik yang dinamis, waktu yang masih panjang menuju 2024, dan beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi," terangnya.

"Kerja politik partai juga akan sangat berpengaruh. Walau demikian beberapa temuan dalam survei akan menjadi masukan," tandas Gilbert.

Sekadar diketahui, survei ini menggunakan responden anak muda sebanyak 1.200 orang berusia usia 17-21 tahun. Survei tersebut pun memakai metode simple random sampling, dengan margin of error 2,9 persen.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X