Tekan Hoaks Soal Teroris di Poso, Polri Koordinasi dengan Berbagai Pihak

- Rabu, 2 Desember 2020 | 13:58 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Pasca adanya aksi pembantaian satu keluarga oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Polri meminimalisir adanya sebaran berita hoaks di Sulteng terutama di Poso. Untuk itu, Polri berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait di sana.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya menggelar koordinasi dengan tokoh masyarakat maupun tokoh agama di sana. Polri mengantisipasi adanya informasi-informasi hoaks di sana.

"Pertemuan dengan pihak MUI, FKUB, media termasuk Komnas HAM sudah dilakukan untuk meredam suasana agar tetap kondusif," kata Irjen Argo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: FOTO: Wali Kota Malang dan Belasan ASN Positif COVID-19

Selain itu, Argo mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan kepada masyarakat disana. Selain pembagian sembako, ada pula program trauma healing untuk masyarakat di sana.

"Bantuan Sembako 400 paket dari Polda untuk masyarakat transmigrasi yang mengungsi di Dusun Levonu. Lalu perbaikan enam buah rumah tinggal atau pos pelayanan umat sudah mulai dilaksanakan inisiasi dari Polda untuk kecepatan serta bantuan proses pemakaman korban berupa empat peti mati dan bantuan duka air mata," ungkap Argo.

Seperti diketahui, aksi teror kembali terjadi di Sigi, Sulteng pada Jumat (27/11) lalu. Satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, anak dan menantu yang dikabarkan tewas usai disekap, dianiaya bahkan dibunuh secara sadis.

Tidak hanya itu, para pelaku juga membakar sejumlah rumah di sana. Diduga kuat para pelaku merupakan Ali Kalora cs dan tergabung dalam MIT.

Pasca adanya insiden mencekam itu, warga Sigi merasa tidak aman dan memilih mengungsi. Dari data Mabes Polri tercatat ada sebanyak 49 keluarga yang mengungsi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X