Meski CFD Ditiadakan, Warga Jakarta Tetap Olahraga

- Minggu, 16 Agustus 2020 | 08:36 WIB
Pesepeda tetap gowes di Arteri Pondok Indah. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Pesepeda tetap gowes di Arteri Pondok Indah. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

Pemprov DKI Jakarta menutup 32 jalur Car Free Day (CFD) di masing-masing wilayah lima kota administratifnya. Hal ini dilakukan setelah perpanjangan masa PSBB Transisi ke empat, yang kembali berlaku per 14 Agustus hingga 27 Agustus mendatang, karena gelombang penularan Covid-19 di DKI Jakarta yang terus meningkat belakangan ini.

Sebelumnya 32 lokasi CFD di masing-masing wilayah diberlakukan sebagai alternatif area olahraga dan bersepeda diakhir pekan untuk menghindari penumpukan masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga di area CFD yang semula berpusat di Sudirman-Thamrin.

Dari pantauan Indozone, jalur area CFD di Jalan Arteri Pondok Indah dan Cipete Raya, Jakarta Selatan sudah dibuka dan tidak ada penyekatan untuk mereka melakukan aktivitas olahraga yang biasa dilakukan setiap Minggu pagi. Fungsi jalan berlaku seperti biasa.

Tampak beberapa pesepeda dan masyarakat yang berolahraga tak bisa lagi bersantai di badan jalan seperti biasa, sehingga mereka memilih untuk balik kanan (pulang) ke rumah.

"Kita kurang ikuti informasi sehingga tadinya mau olahraga. Tapi nggak ada penutupan jalan seperti minggu kemarin," kata Desy, Minggu, (15/7/2020).

Ia dan beberapa temannya dari Tanah Kusir sudah beberapa minggu belakangan berolahraga di area Arteri Pondok Indah.

Syabri di area Cipete Raya mengaku sudah tahu soal kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang menutup area khusus pesepeda dan masyarakat yang berolahraga. Tapi karena libur ia tetap berolahraga meskipun udaranya kurang bersih karena kendaraan bermotor yang melintas.

"Ya, agak kecewa. Tapi memang kadang masyarakat juga ngeyel masih ngumpul-ngumpul pas selesai olahraga jadi ya, kaya gini. Kalau pakai masker umumnya di Cipete orang patuh. Tapi kalo dah selesai olahraga masih kongko-kongko bareng, ya begitu. Jadi kita ikut aja. Yang penting sehat semua," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X