Menkeu Tegaskan Pendidikan Tetap Jadi Prioritas Pemerintah di Tengah Pandemi

- Senin, 23 November 2020 | 17:39 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Photo/Instagram/@smindrawati)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Photo/Instagram/@smindrawati)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa bidang pendidikan tetap menjadi prioritas pemerintah meski Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengalami tekanan akibat dampak dari pandemi COVID-19.

“Pendidikan kegiatan luar biasa penting jadi meskipun dihadapkan dalam tantangan dan ancaman COVID-19 namun proses belajar mengajar seharusnya tetap bisa dilaksanakan,” katanya, dilansir dari Antara, Senin (23/11/2020).

Selain itu, Menkeu juga menjelaskan dorongan pemerintah untuk bidang pendidikan di tengah pandemi tercermin melalui berbagai alokasi anggaran seperti Rp2,94 triliun untuk gaji guru honorer di Kemendikbud dan Rp2,08 triliun di Kemenag.

Baca juga: Viral Cewek Cantik Diputusin Pacar Gegara Suka Pakai Baju Gamis, Nyesek

Sementara anggara Rp2,61 triliun untuk pesantren tengah dipersiapkan agar kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilakukan meskipun memakai protokol kesehatan. Ada juga anggaran Rp5,5 triliun subsidi internet bagi pelajar siswa dan mahasiswa, dan Rp1,16 triliun bantuan internet untuk guru di Kemenag.

Bantuan internet itu diberikan sebesar 20 GB per bulan untuk PAUD, 35 GB per bulan untuk SD hingga SMA, 42 GB per bulan untuk 6 juta mahasiswa, dan 50 GB per bulan untuk 3,8 juta dosen maupun guru.

“Keseluruhan dana ini menggunakan anggaran mencapai lebih dari Rp6,66 triliun hanya untuk internet,” ujarnya Menkeu.

Tak hanya itu saja, pemerintah juga memberikan subsidi upah bagi 1,6 juta tenaga pendidik non PNS di lingkungan Kemendikbud dan 800 ribu di lingkungan Kemenag sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan dengan total anggaran Rp3,66 triliun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X