Arkeolog Temukan Papirus Kuno, Berisi 'Contekan' agar Firaun Masuk Surga

- Senin, 25 Januari 2021 | 13:24 WIB
Peti mati yang ditemukan di pemakaman Saqqara (REUTERS/Hanaa Habib)
Peti mati yang ditemukan di pemakaman Saqqara (REUTERS/Hanaa Habib)

Arkeolog menemukan gulungan papirus kuno berusia sekitar 3 ribu tahun di situs pemakaman Saqqara. Gulungan itu merupakan naskah kuno yang diduga membahas soal kematian.

Papirus tersebut memiliki ukuran empat meter dan ditemukan di dalam kuburan Firaun Mesir bernama Teti, yang diperkirakan berasal dari dinasti keenam Kerajaan Mesir.

Naskah ini diduga merupakan Bab 17 Buku Orang-orang Mati, meskipun sudah tidak utuh lagi. Arkeolog berpendapat naskah ini berisi pertanyaan dan jawaban di alam baka atau dengan kata lain "contekan" agar arwah bisa masuk surga.

Di naskah itu juga tertulis Pwkhaef yang diduga nama pemilik gulungan papirus tersebut. Selain gulungan naskah kuno, ditemukan pula puluhan sarkofagus yang diduga berasal dari Kerajaan Baru Mesir.

Di pemakaman Saqqara juga ditemukan kuil berisi persembahan untuk Dewa Anubis. Ada pula kapak perunggu, patung osiris, papan permainan dan mumi wanita.

Di akhir 2020, arkeolog telah menemukan 27 sarkofagus dan berbagai macam artefak beserta mumi hewan seperti burung hingga anak singa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X