Polda Jabar Sambangi Polda Metro untuk Periksa Habib Rizieq di Kasus Kerumunan

- Senin, 14 Desember 2020 | 17:34 WIB
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS). (istimewa)
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS). (istimewa)

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat siang ini mendatangi Polda Metro Jaya untuk memeriksa Habib Rizieq Shihab (HRS) yang diketahui ditahan di rutan Polda Metro Jaya. Rizieq diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi di kasus kerumunan acara Rizieq di Megamendung, Bogor.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Pol CH Patoppoi. Dia menyebut siang tadi pihaknya sudah datang ke Polda Metro Jaya.

"Penyidik Polda Jabar sudah ke Polda Metro jam 12.30 WIB," kata Kombes Patoppoi kepada Indozone, Senin (14/12/2020)

Kedatangan penyidik Polda Jabar untuk memeriksa Habib Rizieq. Pemeriksaan pun sudah selesai.

"Pemeriksaan baru selesai pemeriksaan sebagai saksi kasus Megamendung," ungkap Patoppoi.

Dia enggan membeberkan lebih jauh terkait hasil pemeriksaan itu. Dia juga tidak membeberkan total jumlah pertanyaan yang dicecar penyidik ke HRS.

Seperti diketahui, Polri mulai bersikap tegas menindak pelanggar-pelanggar protokol kesehatan dalam hal kerumunan. Kasus terkini yang sedang dibidik Polri yakni kerumunan massa dalam acara pernikahan putri Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.

Sejumlah pihak dipanggil oleh Polda Metro Jaya dalam kasus itu mulai ketua RT, RW hingga Gubernur DKI Jakarta untuk dimintai keterangan terkait kasus tersebut. Terbaru, Polda Metro Jaya sudah menetapkan enam orang sebagai tersangka termasuk Habib Rizieq sendiri.

Selain kasus hajatan pernikahan di Jakarta, Polri juga mulai membidik kerumunan massa saat Habib Rizieq singgah disebuah pesantren dikawasan Megamendung, Bogor. Kala itu terjadi kerumunan massa dalam jumlah besar mulai dari kawasan Gadog.

Dalam kasus ini, Polri sudah memeriksa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk diperiksa salam kasus ini. Polri juga memanggil pejabat-pejabat didaerah tersebut untuk ikut diperiksa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X