Polda Metro Klaim Tak Ada Buruh Gelar Demo di May Day 2020

- Jumat, 1 Mei 2020 | 18:30 WIB
Ilustrasi May Day. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Ilustrasi May Day. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Hari buruh atau May Day yang kerap diisi dengan aksi demonstrasi dari kaum buruh untuk tahun ini ditiadakan. Polda Metro Jaya memastikan tidak ada massa buruh yang menggelar aksi demo di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada hari May Day ini.

"Tidak ada demo buruh hari ini. Itu sudah hasil komitmen dari semua serikat buruh, tidak ada yang turun," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Yusri mengatakan tidak ada aksi demonstrasi dari kaum buruh, namun aksi demo itu diganti dengan acara bakti sosial. Acara bakti sosial itu dikatakannya berbagai macam.

Ada buruh yang membagikan alat pelindung diri (APD), membagikan masker hingga membagikan makanan buka puasa sore hari nanti. Tentunya mereka juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Kegiatan yang ada betul itu bansos, bagi-bagi buka puasa sama-sama Polres. Jadi mereka sampaikan ke Polres-polres 'bang kita mau ikut ke pos PSBB dong, bagi bagi masker', nah itu," ungkap Yusri.

Selain kegiatan baksos, para massa buruh juga menggelar aksi senyap. Aksinya dengan cara menempelkan spanduk ke perusahaan tempatnya bekerja masing-masing.

"Dia buat spanduk-spanduk itu pun di kantor-kantornya mereka," kata Yusri.

Lebih jauh Yusri mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah massa buruh tahun ini yang tidak menggelar aksi demonstrasi. Tentunya hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X