Cerita Generasi Muda Timor Leste yang Kenal Habibie dari Buku Sejarah

- Selasa, 17 September 2019 | 12:37 WIB
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Generasi muda dari Timor Leste yang lahir pada tahun 1997 hingga 1998 mengenal sosok Presiden ke-3 RI, BJ Habibie lewat buku sejarah.

Salah satu generasi muda dari Timor Leste yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, mengatakan bahwa ia tak pernah bertemu secara langsung dengan BJ Habibie, namun ia mengenal nama Habibie melalui mata pelajaran sejarah.

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

"Sewaktu referendum 1999, saya baru berusia dua tahun. Jadi kurang tahu sebenarnya dia seperti apa, cuma saya tahu peran Habibie penting buat Timor Leste," kata Eliu.

Dilansir dari ANTARA, mahasiswa lain bernama Talia yang sedang menempuh pendidikan di jurusan teknik lingkungan di President University Jakarta angkatan tahun 2017 ini justru mengenal sosok Habibie dari cerita orang tua dan teman-temannya di Timor Leste.

"Saya kurang ingat dulu waktu belajar sejarah Timor Leste ada disebut nama BJ Habibie, cuma saya sekarang agak sedikit tahu setelah mendengar cerita teman-teman yang juga berziarah ke sini," ujarnya.

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

Mahasiswa lainnya bernama Anes mengatakan bahwa ia baru mengetahui tentang sosok serta jasa Habibie untuk Timor Leste usai nama Habibie dijadikan sebagai nama jembatan dan taman yang baru diresmikan di Kota Dili.

"Jujur saya kurang mengikuti pelajaran sejarah, dan baru tahu nama Habibie saat jadi nama jembatan," kata Anes.

Pada Minggu pagi (15/09/19) puluhan mahasiswa Timor Leste datang ke TMP Kalibata untuk melakukan ziarah ke makam BJ Habibie. Waktu ziarah ini juga kedatangan Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao dan Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos.

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

Sebagian besar mahasiswa Timor Leste yang ikut berziarah adalah peserta didik dari beberapa universitas di Jakarta dan Bekasi, antara lain UKI, President University dan Universitas Pamulang (Unpam).

Presiden Timor Leste, Xanana mengatakan jika kedatangan puluhan mahasiswa ke makam Habibie sebagai bentuk penghormatan dari generasi muda Timor Leste.

"Mereka juga harus menyempatkan datang ke sini memberi hormat kepada beliau (BJ Habibie) karena atas jasanya 20 tahun yang lalu, mereka bisa menikmati sekarang kebebasan," ujar Xanana.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X