Korea Selatan Beri Dukungan Terkait Pemindahan Ibu Kota Indonesia

- Sabtu, 31 Agustus 2019 | 09:43 WIB
ANTARA/Paparan Kementerian PUPR
ANTARA/Paparan Kementerian PUPR

Terkait dengan pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan, pemerintah Korea Selatan memberi dukungan penuh terhadap rencana ini.

Dilansir dari Antara, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom, mengatakan bahwa alasan Presiden Jokowi memindahkan ibu kota Indonesia ke Kalimantan ialah untuk membuat pertumbuhan dan perkembangan yang lebih seimbang di seluruh wilayah Indonesia.

-
ANTARA/Alyx Chang

 

“Saya kira kita harus melihat alasan utama dan terpenting di balik keputusan Presiden Joko Widodo terkait pemindahan ibu kota adalah pertumbuhan dan pembangunan yang lebih seimbang di seluruh wilayah Indonesia, dan juga karena kepadatan di Jabodetabek,” ungkapnya.

Kim mengatakan bila kebijakan yang dibuat Indonesia sama halnya dengan kebijakan yang diterapkan pemerintah Korea Selatan yang telah membangun sebuah pusat administrasi yang disebut Kota Sejong, untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan di ibu kota sekaligus kota terbesar Seoul.

Kota Sejong sendiri didirikan pada tahun 2007 sebagai ibu kota baru Korea Selatan di wilayah Chungcheong Selatan dan provinsi Chungcheong Utara untuk menarik investasi di wilayah tengah negara itu.

-
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Sejak tahun 2012, pemerintah Korea Selatan telah merelokasi banyak kementerian dan lembaga ke Sejong, tetapi banyak yang masih berada di kota-kota lain, terutama Seoul dimana Majelis Nasional, Kantor Presiden, dan banyak badan pemerintah penting tetap ada.

Selain itu juga, pemerintah Korea Selatan melakukan relokasi di beberapa sektor BUMN dan fasilitas publik ke kota-kota berskala kecil dan menengah untuk meningkatkan kapasitas kota-kota tersebut.

Persamaan kebijakan itulah yang mendasari pemerintah Korea Selatan mendukung rencana Indonesia untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur. Kim mengatakan bahwa pemerintah Korea Selatan selalu mengamati perkembangan terkait dengan pemindahan ibu kota yang dilakukan Indonesia.

-
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

 

 

“Kami mengamati secara dekat berbagai perkembangan terkait pemindahan ibu kota. Pengumuman yang baru-baru ini dibuat oleh Presiden Jokowi juga diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Kim menuturkan jika pemindahan ibu kota ke Kalimantan akan membuat wilayah tersebut semakin berkembang dan membuat masyarakatnya lebih sejahtera.

Selain itu, Kim menambahkan jika dengan desain yang baik, Kalimantan akan menjadi kota pintar dan hijau. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah Korea Selatan siap untuk memindahkan kantor kedutaannya ke Kalimantan Timur.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X