Ternyata Ini Alasan Kenapa 'Rebahan' Bisa Bikin Badan Jadi Capek

- Selasa, 14 April 2020 | 22:12 WIB
Ilustrasi rebahan. (photo/Ilustrasi/Pixabay)
Ilustrasi rebahan. (photo/Ilustrasi/Pixabay)

Akibat dampak dari Covid-19 dan penerapan social distanding, banyak orang-orang memilih untuk menghabiskan waktunya hanya di rumah. Namun, banyak juga sebagian dari mereka akan menghabiskan waktu di dalam kamar atau rebahan.

Namun, rebahan juga dapat membuat tubuh menjadi capek. Berdasarkan penuturan Dokter Diana Gall dari Doctor 4 U, ia menyebutkan hal yang normal jika diri akan merasakan lelah saat tak melakukan aktivitas apapun.

"Saat Anda kurang aktivitas fisik, dan tubuh menghabiskan banyak waktu di posisi yang sama, bisa jadi duduk atau rebahan, kemampuan tubuh mengambil oksigen menurun dan Anda akan merasakan energi dan motivasi Anda drop," jelas Gall mengutip dari Metro, Selasa (14/4/2020).

Dia juga menerangkan bahwa rasa lelah itu dapat timbul karena tubuh kurang stimulasi gerak dan oksigen yang masuk ke darah kemudian meningkatkan rasa lelah.

-
Rebahan. (photo/Ilustrasi/pixabay)

"Cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar lebih berenergi, seperti meningkatkan kadar serotonin, adalah dengan melakukan aktivitas fisik sehari-hari," katanya.

Dokter Diana memberikan contoh dengan berjalan keluar ruangan, berolahraga jika selalu beraktifitas di depan komputer atau laptop. Dan jika yang biasanya melakukan aktifitas menonton televisi berjam-jam coba untuk melakukan permainan mengasah otak.

-
Stres. (photo/Ilustrasi/pixabay)

"Ini memang bukan aktivitas fisik tapi aktivitas ini menuntut konsentrasi yang mana bisa menghilangkan rasa lelah," imbuhnya.

Ia juga menyarankan untuk memastikan asupan makanan selama menjalani aktifitas di rumah. Menurutnya, lebih banyak memakan kebutuhan seperti sayur dan buah serta tak lupa meminum air yang cukup agar tidak dehidrasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X