Bayar SPP Pakai GoPay Tuai Pro Kontra, Menteri Nadiem Angkat Bicara

- Kamis, 20 Februari 2020 | 16:23 WIB
Menteri Pendidikan dan Budaya, Nadiem Makarim saat Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis, (20/2/2020) (INDOZONE/Mula)
Menteri Pendidikan dan Budaya, Nadiem Makarim saat Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis, (20/2/2020) (INDOZONE/Mula)

Pro kontra soal terobosan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) menggunakan aplikasi GoPay untuk membayar SPP, membeli seragam dan kebutuhan sekolah lainnya terus bergulir, lantaran Menteri Pendidikan Nadiem Makarim sebelumnya menjabat CEO di Gojek, ibu dari aplikasi GoPay.

Saat melakukan rapat kerja bersama Komisi X DPR RI Menteri Nadiem mengklarifikasi hal tersebut. Dia mengatakan sistem pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) melalui GoPay bukan kebijakan murni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menteri Nadiem menyebut sistem pembayaran melalui GoPay merupakan digitalisasi sistem keuangan Financial Technology (Fintech) atau teknologi keuangan. Bahkan Nadiem Makarim tegas mengatakan tidak akan membuat kebijakan yang berujung pada conflict of interest.

"Tidak ada hubungannya sama sekali dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saya ulang lagi, tidak akan pernah Kemendikbud, terutama menterinya sendiri melakukan apa pun yang melanggar conflict of interest, yang menciptakan conflict of interest yaitu perbenturan kepentingan," ucap Menteri Nadiem saat rapat di Gedung DPR, Kamis, (20/2/2020).

Diakui Menteri Nadiem, sejak menjabat Mendikbud dia menerapkan prinsip pada tiga hal yang dijadikannya harga mati yakni NKRI, Pancasila, dan integritas.

"Dan ini harus saya tekankan, semua yang berhubungan dengan perusahaan sebelum saya di mana saya sudah melepaskan, semua kewenangan, semua posisi dan itu mohon ditanya langsung kepada perusahaannya, karena saya berdedikasi diri kepada mencoba menyempurnakan sistem pendidikan gitu. Jadi seperti yang saya bilang poin pertama, integritas adalah harga mati buat saya," tegasnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X