Bangga! Siswa Indonesia Rebut 6 Medali di Olimpiade Matematika Internasional

- Kamis, 29 Juli 2021 | 10:20 WIB
(Ilustrasi/Unsplash)
(Ilustrasi/Unsplash)

Siswa Indonesia berhasil meraih total 15 medali olimpiade sains dalam kurun 1 bulan. Perolehan medali tersebut meliputi bidang matematika, biologi dan fisika.

Dalam Olimpiade matematika, tim Indonesia menorehkan prestasi membanggakan lantaran berhasil mendapat 6 medali dalam ajang International Mathematical Olympiad (IMO) 2021 yang merupakan olimpiade sains untuk siswa SMA yang tertua dan terbesar di dunia.

Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengatakan, prestasi yang diraih 6 pelajar tersebut merupakan hasil yang luar biasa. Hal itu lantaran soal yang diberikan pada IMO tahun ini merupakan yang tersulit sepanjang penyelenggaraannya.

"Anak-anak Indonesia memang tangguh. Dalam sebulan ini sudah 15 medali olimpiade sains internasional diraih di bidang matematika, biologi, dan fisika," ucap pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi, dikutip dari laman Kemendikbud Ristek, Kamis (29/7/2021).

Pada ajang IMO. Medali perak diraih oleh 2 siswa, yakni Stanve Avrilium Widjaja dari SMAK IPK plus Bsd, Tangerang serta Aaron Alvarado Kristanto dari SMAK Petra 1, Surabaya.

Untuk medali perunggu diraih oleh 4 siswa lainnya, yakni Farrel Dwireswara Salim dari SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, Elbert Benedict dari SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Tangerang, Andrew Daniel Janong dari SMAK 5 Penabur, Jakarta serta Vanya Priscillia Bendatu dari SMAK Petra 2, Surabaya.

Pada ajang olimpiade matematika, siswa yang mengikuti lomba diminta mengerjakan 6 soal. 3 soal masing-masing diberi waktu pengerjaan 4,5 jam setiap harinya. Soal tersebut meliputi bidang aljabar. kombinatorika, geometri dan teori bilangan.

IMO tahun 2021 ini adalah yang ke-62 kali penyelenggaraan, dan dilakukan secara daring dengan tuan rumah dari negara Russia. IMO tahun ini diikuti siswa dari 107 negara, terdiri dari 619 peserta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X