Arus Balik Lebaran 2022, Garuda dan Citilink Siap Angkut 51 Ribu Penumpang

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 11:22 WIB
Petugas darat mempersiapkan kelaikan pesawat sebelum melakukan penerbangan di Terminal 1 A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Petugas darat mempersiapkan kelaikan pesawat sebelum melakukan penerbangan di Terminal 1 A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Garuda Indonesia Group melalui lini layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink memproyeksikan bakal mengangkut sedikitnya 51 ribu penumpang pada puncak arus balik Lebaran, yang diperkirakan akan jatuh pada 8 Mei 2022 mendatang.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan bahwa tren pergerakan penumpang sejauh ini masih sejalan dengan proyeksi peningkatan penumpang pada periode arus balik Lebaran.

Namun demikian langkah antisipatif tetap kami persiapkan jika terdapat peningkatan pergerakan penumpang pada periode perpanjangan libur sekolah di periode libur Lebaran kali ini.

“Adapun sejauh ini puncak arus balik Lebaran kami perkirakan akan berlangsung pada tanggal 8 Mei 2022 mendatang, di mana pada hari tersebut, Garuda Indonesia Group akan melayani sedikitnya 341 penerbangan yang mengangkut sebanyak 51,323 penumpang pada puncak arus balik tersebut," kata Irfan kepada Indozone, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Sistem One Way Diberlakukan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Pintu Tol Halim

Adapun Garuda Indonesia Group memproyeksikan total penumpang yang terbang pada periode arus balik dari tanggal 4 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022 mendatang diperkirakan akan mencapai 267 ribu penumpang.

Proyeksi tersebut tentunya akan terus bergerak dinamis sejalan dengan perpanjangan periode libur sekolah hingga 12 Mei 2022 mendatang yang telah diumumkan Pemerintah.

“Untuk itu, Garuda Indonesia terus mengoptimalkan kapasitas layanan penerbangan yang salah satunya dilakukan melalui penambahan frekuensi maupun pengoperasian bigger aircraft (pesawat berbadan besar) pada sejumlah rute yang tinggi peminat seperti Kualanamu - Jakarta, Padang - Jakarta, Pekanbaru - Jakarta hingga Surabaya - Jakarta. Selain itu, Garuda Indonesia juga terus mengoptimalkan isian penumpang untuk rute outbound Jakarta menuju Denpasar maupun sebaliknya.”, lanjut Irfan.

Irfan mengungkap bahwa rata-rata tingkat keterisian penumpang yang menggunakan Garuda Indonesia Group mencapai lebih dari 85 persen.

Karena itu pihaknya  turut mengimbau masyarakat untuk lebih cermat dalam merencanakan perjalanan dalam periode arus balik ini yang diselaraskan dengan kebutuhan perjalanan mereka.

"Kami memperkirakan tren pergerakan penumpang pada arus balik masih akan berlangsung hingga tanggal 16 Mei 2022 mendatang. Untuk itu, kami akan terus memperkuat berkoordinasi dengan stakeholder layanan penerbangan guna memastikan kesiapan operasional penerbangan secara berkesinambungan dapat berjalan optimal," tandas Irfan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X