Enggan Lawan Atlet Israel, Judoka Aljazair Pilih Mundur dari Olimpiade

- Jumat, 23 Juli 2021 | 22:16 WIB
Kanan: Fethi Nourine (photo/Istimewa) Kiri: Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 - Stadion Olimpiade, Tokyo, Jepang - 23 Juli 2021.  (photo/REUTERS/Dylan Martinez)
Kanan: Fethi Nourine (photo/Istimewa) Kiri: Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 - Stadion Olimpiade, Tokyo, Jepang - 23 Juli 2021. (photo/REUTERS/Dylan Martinez)

Judoka Aljazair memilih untuk mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo sebelum laga mulai, setelah undian mengharuskan dia dalam jalur untuk kemungkinan bertanding melawan atlet Israel.

Fethi Nourine mengatakan kepada TV Aljazair bahwa dukungan politiknya untuk perjuangan Palestina membuat dia mustahil bertanding melawan Tohar Butbul dari Israel.

"Kami sudah bekerja keras agar mencapai Olimpiade, dan kabar itu muncul bagaikan guncangan, guntur," kata dia kepada televisi Aljazair itu Kamis (23/7) malam, seperti dikutip Reuters.

Nourine mengatakan keputusannya sudah "final" dan dia tak mau "mengotori tangannya."

Pejudo berusia 30 tahun itu dijadwalkan menghadapi atlet Sudan Mohamed Abdalrasool untuk pertandingan pertamanya pada kelas 73 kg putra, Senin.

Baca juga: Sidak ke Apotek, Presiden Jokowi Cek Ketersediaan Obat Terapi COVID-19 Tapi Kosong

Jika menang dia mesti menghadapi Butbul yang mendapatkan bye pada babak pertama, di babak kedua.

Ini bukan kali pertama Nourine mengundurkan diri dari kompetisi untuk menghindari bertanding melawan atlet Israel. Dia juga mundur dalam kejuaraan dunia 2019 di Tokyo karena alasan yang sama.

"Kami tidak beruntung dengan pengundian. Kami mendapat lawan dari Israel dan itulah alasan kami harus mundur. Kami sudah membuat keputusan yang tepat," kata pelatih Nourine Amar Ben Yaklif seperti dikutip media Aljazair.

Konflik Israel-Palestina berlangsung selama puluhan tahun yang berkobar lagi tahun ini ketika konfrontasi di Yerusalem memicu bentrokan lintas perbatasan.

Atlet dari negara-negara lain, termasuk Iran dan Mesir, sebelumnya juga menolak bertanding melawan atlet Israel.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X