Puan Minta Pemda Urus Pasien Isolasi Mandiri agar Tak Jadi Korban Kekerasan

- Minggu, 25 Juli 2021 | 13:18 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Instagram/@puanmaharaniri)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Instagram/@puanmaharaniri)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan segala bentuk tindakan kekerasan terhadap sesama warga masyarakat tidak bisa dibenarkan atas alasan apapun.

Dia pun menyayangkan aksi kekerasan yang viral dan terjadi di tengah masyarakat baru-baru ini. Terlebih kekerasan tersebut terjadi antar sesama warga masyarakat ihwal penanganan pandemi Covid-19.

“Segala bentuk tindakan kekerasan terhadap sesama warga masyarakat tidak bisa dibenarkan atas alasan apapun juga,” ujar Puan di Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Dia meminta untuk masyarakat dapat menggunakan cara yang persuasif terutama kepada pasien Covid-19 di lingkungannya jika dianggap melanggar protokol kesehatan di kala menjalani isolasi mandiri.

“Covid-19 ini yang kita musuhi adalah penyakitnya, virusnya, bukan orangnya!” kata Puan.

Pasien Covid-19 dikucilkan saja tidak boleh, apalagi mendapat kekerasan,” tegas Puan.

Guna mencegah kejadian serupa terulang di tengah masyarakat, Mantan Menko PMK ini berkata aparat pemerintah daerah dan kepolisian setempat harus terus memantau kondisi wilayahnya, terlebih jika masuk zona PPKM Level 4.

“Aparat di lapangan harus sedini mungkin mencegah terjadinya kekerasan antar sesama warga masyarakat. Covid-19 ini sudah cukup banyak memakan korban, jadi jangan sampai ada warga yang menjadi korban karena kekerasan di tengah pandemi ini,” imbau Puan.

BACA JUGA: Viral Video Pasien Covid-19 Ditelantarkan, DPR Tegur Bupati dan Kasatgas Toba

Di sisi lain, kata Politikus PDIP ini, pemerintah daerah setempat harus memfasilitasi warga pasien Covid-19 dengan tempat-tempat isolasi, sehingga penularan virus bisa terlokalisir.

“Pastikan warga pasien Covid-19 di tempat isolasi itu makannya cukup, obat dan vitaminnya cukup, dan dipantau terus perkembangannya. Toh anggaran daerah tersedia untuk penanggulangan Covid-19, pakai itu agar masyarakat merasakan negara hadir di tengah kondisi sulit ini,” jelasnya.

Ia juga menekankan gotong royong dan solidaritas sesama anak bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19, sebagaimana yang sudah terjadi di sejumlah daerah selama ini.

“Kita ini bangsa yang welas asih, penuh kasih sayang. Welas asih kita tidak boleh sekecil virus yang kita kawan, tetapi harus sebesar harapan sesama saudara kita, tetangga kita, yang butuh pertolongan dan kesembuhan,” tutup Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X