Berani, 4 Wanita Afghanistan Turun ke Jalan untuk Memprotes Taliban

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:30 WIB
Wanita turun ke jalan memprotes Taliban. (Twitter/@HameedMohdShah)
Wanita turun ke jalan memprotes Taliban. (Twitter/@HameedMohdShah)

Pada hari Selasa (17/8/2021) sekelompok wanita Afghanistan turun ke jalan-jalan di Kabul untuk memprotes Taliban.

Dilansir Mirror, empat wanita yang terlihat menggunakan abaya hitam dan jilbab difilmkan memegang kertas yang bertuliskan 'kami menginginkan hak kami'.

Dalam video lain, para pengunjuk rasa mengacungkan tanda-tanda protes mereka di hadapan para pejuang Taliban yang berdiri di jalan.

Meski Taliban dikenal dengan reputasi yang menindas perempuan, tapi saat para perempuan melakukan protes tak ada sekelompok Taliban yang berani menghentikan protes.

"Taliban: Kami menginginkan hak kami, inilah wanita, kami menginginkan jaminan sosial, larangan bekerja, hak atas pendidikan dan hak untuk partisipasi politik," bunyi tweet koresponden Al Jazeera Hameed Mohammad Shah, dikutip dari Mirror.

"Tidak ada kekuatan yang bisa mengabaikan dan melumpuhkan wanita. Semua pencapaian kami selama bertahun-tahun tidak boleh dikompromikan dan hak-hak dasar kami!" tambahnya.

Hal ini terjadi setelah Taliban bersikeras bahwa perempuan di  Afghanistan tidak punya alasan untuk takut pada mereka.

Baca juga: Dalam Konferensi Pers Pertama Taliban Bersumpah Akan Menghormati Hak-hak Perempuan

Namun, pada hari Selasa Taliban sudah bersumpah bahwa mereka akan menghormati hak-hak perempuan sesuai dengan aturan Islam mereka.

"Kami berkomitmen pada hak-hak perempuan, pendidikan, pekerjaan dan kebebasan berbicara, sesuai dengan aturan Islam kami," kata juru bicara Taliban Suhail Shaheen kepada Sky News.

Dia menambahkan bahwa meskipun wanita diharapkan mengenakan jilbab, burqa tidak wajib.

"Ini bukan aturan kami, ini adalah aturan Islam," tambahnya.

Meski begitu, Taliban dilaporkan menandai pintu-pintu wanita terkemuka di Afghanistan , seperti yang dikatakan para wartawan bahwa mereka sekarang takut akan nyawa mereka.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X