The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Peran 5 Teroris Jaringan NII yang Baru Ditangkap di Tangsel
Ilustrasi densus 88. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
News

Ini Peran 5 Teroris Jaringan NII yang Baru Ditangkap di Tangsel

Jumat, 08 April 2022 15:30 WIB 08 April 2022, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88 AT) Polri membongkar peran dari lima teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang belum lama ini berhasil ditangkap di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel). Salah satu perannya yakni membuka wilayah rintisan baru dari jaringan ini.

Kabag Operasional Densus 88 AT Polri, Kombes Pol Aswin Siregar menyebut ada lima teroris yang ditangkap antara lain SA (38), SO (36), TA (36), MH (24) dan Y (31). Tersangka pertama yakni SA yang berperan mengikuti pertemuan kelompok NII di Depok, memegang rekening NII dan menerima uang sebesar Rp119.539.000 hingga menyelenggarakan pergantian struktur berupa psikotes dan wawancara dan serta long march 40 km di Sumbar.

"SO sebagai Ketua Tangsel, hadir pertemuan di Depok dan tahun 2019 datang ke Sumbar bertemu dengan NII Sumbar sebanyak 250 orang di Sawahlunto," kata Aswin dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (8/4/2022).

Tersangka selanjutnya yakni TA yang berperan turun langsung ke Sumbar bersama perwakilan NII dari Tangerang Kota berjumlah enam orang untuk membuka daerah rintisan. TA juga memberikan arahan dan petunjuk kepada RS untuk mempersiapkan tukanh besi untuk membuat senjata tajam.

Baca Juga: Polda Metro Imbau Masyarakat Fokus Ibadah di Bulan Ramadhan Ketimbang Demo

"Keterlibatan MH sebagai sekretaris NII daerah Tangsel, hadir dalam pertemuan di Depok dan mengirimkan bahan dari pusat terkait arahan-arahan melalui email," beber Aswin.

Tersangka terakhir yakni Y yang memiliki keterlibatan sebagai sekretaris naik tingkat menjadi Ketua NII Tangerang Kota, ikut turun ke Sumbar bersama enam orang untuk membuka daeran rintisan NII.

"Saat ini masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap jaringan terkait," pungkas Aswin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Indozone
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US