Jayapura Diterjang Banjir Bandang, 7 Orang Meninggal

- Jumat, 7 Januari 2022 | 17:44 WIB
Banjir di Jayapura, Papua. (IDZ Creators)
Banjir di Jayapura, Papua. (IDZ Creators)

Banjir bandang dan tanah longsor melanda sejumlah distrik di Kota Jayapura, Papua, pada Jumat (7/1/2022). Sejumlah wilayah terdampak banjir seperti di Kecamatan Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami.

Banjir dan tanah longsor terjadi setelah Jayapura diguyur hujan deras selama 12 jam. Ketinggian banjir bahkan mencapai 1 meter lebih. 

-
Banjir merendam sejumlah wilayah di Jayapura, Papua. (IDZ Creators)

Imbas dari banjir dan tersebut, fasilitas umum dan kantor pemerintahan terendam banjir seperti Kantor Gubernur, RS Aryoko, Pasar Youtefa, hingga Saga Mall Abepura.

Sementara wilayah yang terdampak longsor meliputi Kelurahan Trikora Dok 5 Atas dan Lintasan Kodam serta batas kota yang mangakibatkan jalan terputus dan enam wilayah terisolasi. 

-
Banjir menerjang Jayapura, Papua. (IDZ Creators)

Data terbaru mencatat ada tujuh orang meninggal dunia akibat banjir disertai tanah longsor. Dua orang diantaranya diterbangkan ke Surabaya untuk dimakamkan. Sedangkan untuk korban luka-luka sebanyak tiga orang dan langsung mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Papua.

“Akibat hujan deras selama selama 12 jam kemarin sore. Ada tujuh korban meninggal. Sementara untuk longsor, saat ini sedang dilakukan pembersihan,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal dalam rilis yang dikirimkan kepada Tim IDZ Creators. 

-
Banjir dan tanah longsor di Jayapura, Papua. (IDZ Creators)

Saat ini, TNI-Polri, Basarnas, dan BNPB terus melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terdampak banjir. Lokasi evakuasi salah satunya berada di GOR Cendrawasih. Masyarakat diimbau agar waspada dan hati-hati demi keselamatan bersama, mengantisipasi banjir dan longsor susulan. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini. 

-
IDZ Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X