The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Indonesia Naik Peringkat sebagai Negara Paling Diminati Pekerja Global
Ilustrasi pekerja kantor. (Pexels/Fauxels)
News

Indonesia Naik Peringkat sebagai Negara Paling Diminati Pekerja Global

Pekerja Singapura paling berminat.

Minggu, 25 April 2021 14:41 WIB 25 April 2021, 14:41 WIB

INDOZONE.ID - Daya tarik Indonesia bagi pekerja global naik peringkat menjadi urutan 53 pada tahun 2020. Peringkat ini naik dari tahun 2014 di mana saat itu Indonesia berada di urutan ke-65.

Berdasarkan hasil survei BCG/ The Network pada 2020, pekerja dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia adalah yang paling ingin bekerja di Indonesia. Kemudian ada pekerja dari Jepang, Ghana, Bulgaria, dan Hong Kong yang ingin bekerja di Indonesia.

Selain itu, Belanda, Vietnam, Australia dan Mesir juga masuk dalam 10 besar asal negara pekerja yang ingin datang ke Indonesia.

"Tidak hanya dari Asia saja, tapi ada negara-negara dari Eropa timur dan Australia yang sangat tertarik karena merasa lingkungan kerja di Indonesia sangat menarik untuk mereka," kata Ramesh Rajandran, Chief Marketing Officer SEEK Asia dalam webinar JobStreet baru-baru ini.

Ia mengatakan salah satu faktor yang membuat pekerja global tertarik bekerja di Indonesia adalah cara bekerja yang lebih mudah. Jika sebelumnya seseorang harus pindah secara total ke Indonesia untuk bekerja, kini pekerjaan itu bisa dilakukan secara remote menggunakan aplikasi.

"Jadi lebih menarik bagi mereka untuk bekerja di perusahaan Indonesia," tambahnya.

Sebaliknya, minat pekerja Indonesia untuk bekerja di luar negeri pada 2020 menurun dari data tahun 2014.

"Pada tahun 2014 sebanyak 76 persen pekerja Indonesia yang ingin kerja di luar negeri. Tapi di 2020 penurunannya sangat besar, menjadi 46 persen," kata Ramesh.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Tegaskan akan Lakukan Upaya Terbaik Mencari KRI Nanggala 402

Ia mengungkapkan penyebab paling utama dari penurunan minat itu adalah ketidakpastian akan pandemi Covid-19 dan banyaknya larangan untuk bepergian dan aturan-aturan yang cukup menyulitkan jika ingin pergi ke luar negeri.

Dari hasil survei yang sama, seiring dengan berkembangnya koneksi dgital, ditemukan bahwa sebanyak 55 persen pekerja Indonesia bersedia bekerja untuk perusahaan dari jarak jauh (remote).

Negara tujuan pekerja Indonesia untuk bekerja secara remote jika diurutkan dari yang terfavorit adalah Australia, Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat, Brunei Darusalam, Kanada, dan Hong Kong.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US