The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menko PMK: Masyarakat Nekat Mudik Akan Dikarantina di Kampung Halaman
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Menko PMK: Masyarakat Nekat Mudik Akan Dikarantina di Kampung Halaman

mudiknya bakal sia-sia.

Selasa, 11 Mei 2021 09:22 WIB 11 Mei 2021, 09:22 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, bagi masyarakat yang nekat mudik bakal dikarantina di kampung halamannya. Pemerintah telah menyiapkan hal ini agar menghindari penularan Covid-19.

"Tadi saya sudah meminta jaminan dari Kemendes PDTT dan Kemendagri bahwa pembiayaan untuk itu akan ada dan sudah disediakan," ungkap Muhadjir, Selasa (11/5/2021).

Menurut Muhadjir, pemerintah telah jauh-jauh hari berkoordinasi agar Satgas Covid-19 dapat bersiaga mulai dari tingkat dusun, kelurahan, hingga kabupaten/kota ihwal mudik lebaran ini.

"Jadi ini tidak main-main, pemerintah untuk memperketat mudik ini sampai di tujuan akhir dari mereka yang nekat mudik. Yang datang juga akan kita tangani, kita urus betul, kita karantina. Akan percuma saja nanti mudiknya," tegas Muhadjir.

Guna memastikan kelancaran penyekatakan larangan mudik lebaran dari Jakarta menuju Cikampek, Muhadjir kemudian melakukan pengecekan pada Senin (10/5/2021) ke Gerbang Tol Cikarang.

Baca Juga: Momen-momen Terakhir Ustaz Tengku Zulkarnain, Takbir dan Wafat Setelah Azan

Mantan Mendikbud itu menyebut pelaksanaan protokol kesehatan telah dijalankan secara baik oleh petugas maupun pengguna jalan. Hal itu sebagai upaya untuk mencegah penularan atau munculnya kluster baru Covid-19.

Berdasarkan laporan Ditlantas, Muhadjir mengungkapkan, proses pemutarbalikkan calon pemudik yang masih nekat telah diatur sedemikian rupa. Oleh karenanya, tidak terjadi kekisruhan apalagi sampai menimbulkan kerumunan massa.

"Karena ini berkaitan dengan masalah kesadaran, yang belum sadar disadarkan. Kalau pun seandainya nanti memang akhirnya ada yang lepas pemudik itu pasti tetap akan diurus sampai di tingkat tujuan akhir dia," tutup Muhadjir.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fiddy Anggriawan
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US