Kisah Usman Jalil, Pria Jambi yang Tidak Lulus SD Tapi Mampu Bikin Helikopter

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 13:11 WIB
Ilustrasi helikopter (Unsplash)
Ilustrasi helikopter (Unsplash)

Pria bernama Usman Jalil (65) ini hanya mengenyam pendidikan sampai kelas dua SR (sekolah rakyat) atau setingkat SD di masa sekarang.

Namun, dia mampu membuat helikopter dari bahan besi bekas dan mesinnya terbuat dari dua unit mesin sepeda motor matic. Usman meyakini helikopter buatannya tersebut bisa terbang.

Dilansir Antara, Usman menceritakan pernah membuat helikopter pada 1997 di Kecamatan Suban, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabar), Jambi. Kala itu, dia membuat helikopter dari rotan, dengan tenaga pemutar baling baling hanya bermodalkan gergaji mesin.

Alasannya membuat helikopter saat itu adalah untuk mengakali jalan masuk ke dalam hutan yang infrastrukturnya jelek dan butuh waktu lama.

Kala itu, Usman bekerja di Saumil atau tempat pemotongan kayu. Akhirnya, dia membuat helikopter dari rotan dan diklaim berhasil terbang selama beberapa tahun.

"Kalau gagalnya dak terhitung lagi, berpuluhan kali gagal," ceritanya, dikutip dari Antara, Sabtu (10/7/2021)

Saat ini, dia membuat helikopter lebih kepada hobi. Selama tiga bulan Usman Jalil bergelut dengan besi tua untuk membuat helikopter.

Kepala helikopter terbuat dari bekas kepala mobil dan besi untuk badan helikopter juga berasal dari sisa-sisa besi tua, dan tenaga untuk memutar baling baling menggunakan dua unit mesin kendaraan bermotor.

Usman mengaku tidak ada yang mengajarinya cara belajar helikopter. Semua dipelajarinya secara otodidak. Jika beberapa barang lagi bisa terpenuhi seperti tali seplin hingga shock breaker, dia yakin helikopter tersebut bisa terbang.

Untuk biaya pembuatannya, saat ini Usman sudah menghabiskan sekitar Rp40 jutaan. Dia juga mengklaim sudah ada orang yang menawar helikopter buatannya atau meminta dibuatkan juga.

"Saya kumpul kumpul duit hasil penjualan depot air untuk membeli bahannya.," kata dia.

Namun, dia sempat dimarahi oleh anak dan menantunya karena menilai proyek helikopter tersebut buang-buang uang saja. Meski begitu, Usman tetap bertekad ingin membuktikan karyanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X