The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dokter Kevin Dihujat karena Konten Diduga Lecehkan Pasien, Malah Sedih View Tiktok Turun
Dokter Kevin diduga lecehkan pasien yang hamil (Istimewa)
News

Dokter Kevin Dihujat karena Konten Diduga Lecehkan Pasien, Malah Sedih View Tiktok Turun

Minggu, 18 April 2021 11:22 WIB 18 April 2021, 11:22 WIB

INDOZONE.ID - Seorang dokter muda yang bernama Kevin Samuel Marpaung panen hujatan di media sosial, gara-gara konten Tiktoknya yang dianggap melecehkan wanita.

Kala itu, dia membuat konten Tiktok mengenai pemeriksaan vagina dalam persiapan persalinan. Namun, ekspresi dan gesturnya justru mengarah ke pelecehan seksual saat bersiap melakukan pemeriksaan secara vaginal touch.

Ini adalah metode yang umum dimana dokter memasukkan jari ke dalam vagina untuk mengetahui pembukaan leher rahim, apakah sudah siap untuk melahirkan atau belum.

Pada akhirnya, dokter Kevin memang sudah meminta maaf. Namun, Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan Seksual (Kompaks) tetap menuntut agar MKEK IDI mencabut surat izin praktik (SIP) Kevin dan keanggotan IDI-nya.

Tindakan dokter Kevin dinilai menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dokter, terlebih saat persiapan persalinan.

dr Gabriella Sandranila Suryadana menegaskan dokter harusnya memberi rasa aman dan nyaman pada pasien. Memanfaatkan media sosial tentu boleh untuk memberi edukasi, namun bukan membuat konten dengan tujuan mengejar trending sehingga menghalalkan segala cara.

Majelis Kode Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia juga berencana memanggil dokter Kevin terkait konten Tiktoknya yang meresahkan.

Tindakan dr Kevin memang cukup disayangkan. Padahal, dia merupakan lulusan terbaik Universitas Maranatha tahun 2017, namun tak menunjukkan kredibilitas yang sesuai.

Akun Tiktok Kevin yang pertama menyebarkan video tersebut juga telah kena banned. Dia lalu membuat akun baru dan malah merasa sedih melihat jumlah views di akun barunya yang sangat sedikit.

"Emang demi fyp dan viral terus terkenal. Keliatan kok betapa sedihnya dia liat jumlah view di akun Tik Tok barunya. Bukannya sedih karena publik bisa distrust ke temen seprofesinya dokter kandungan yg cowok malah sedih gegara view Tik Tok dikit," kecam akun Twitter mazzini_gsp.

Sementara itu, menurut dokter Tirta, Kevin telah melanggar 3 etika kedokteran, yaitu menjaga kerahasian pasien, menjaga profesionalitas, dan menjaga teman sejawat.

Artikel Menarik Lainnya:

Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US