The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sepanjang 2021 Ada 92 Aksi Teror KKB di Papua, 67 TNI-Polri-Warga Jadi Korban
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. (Dok Polda Papua)
News

Sepanjang 2021 Ada 92 Aksi Teror KKB di Papua, 67 TNI-Polri-Warga Jadi Korban

Di 5 wilayah papua.

Jumat, 24 Desember 2021 10:00 WIB 24 Desember 2021, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Polda Papua membeberkan data rangkuman selama satu tahun terkait aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Sepanjang 2021, tercatat sudah ada sebanyak 92 aksi teror yang memakan puluhan korban baik dari personel TNI, Polri, maupun masyarakat sipil.

"Penanganan kasus menonjol selama tahun 2021 terjadi sebanyak 92 kasus Kelompok Sipil Bersenjata," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Mathius menyebut puluhan aksi teror itu terjadi di sejumlah wilayah di Papua. Tercatat, ada lima titik wilayah di tanah Papua yang kerap menjadi sasaran aksi teror dari KKB.

"Terjadi di Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak ,dan Kabupaten Nduga," kata Mathius membeberkan.

Puluhan orang baik dari personel TNI, Polri, hingga masyarakat sipil menjadi korban teror KKB.

Baca juga: Puluhan Anggota KKB Ambaidiru di Papua Serahkan Diri, Kembali ke NKRI

"Korban dari TNI, Polri, dan masyarakat, yaitu anggota TNI meninggal dunia sebanyak 11 orang dan 19 orang luka, anggota Polri empat orang meninggal dunia dan tiga orang luka, serta masyarakat meninggal dunia sebanyak 19 orang dan luka 11 orang," kata Mathius.

Dari pihak KKB juga jatuh korban. Catatan Polda Papua menyebutkan, ada sekitar 12 orang anggota KKB yang menjadi korban.

Lebih jauh, Irjen Mathius menyebut disepanjang 2021 terdapat sejumlah anggota KKB yang kembali ke pangkuan NKRI.

"Adanya kelompok KKB yang menyatakan diri kembali ke pangkuan NKRI sebanyak 27 orang di wilayah hukum Polres Kepulauan Yapen," ujar Mathius.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Fitri
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US