Gerindra Masih Belum Bersikap Perihal Penentuan Tanggal Pemilu 2024

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 18:34 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Instagram/@sufmi_dasco)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Instagram/@sufmi_dasco)

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya belum menentukan sikap terkait tanggal Pemilu 2024 mendatang. Meskipun pemerintah yang mengusulkan 15 Mei, sementara KPU pada 21 Februari.

Menurut Dasco penentuan tanggal pencoblosan harus melihat keseluruhan tahapan Pemilu 2024. Seperti rentang waktu dari Pemilu menuju Pilkada serentak yang dijadwalkan November 2024.

"Tentunya Gerindra juga melihat masalah keterkaitan dengan hitung-hitungan Pilkada daerah lalu kemudian jeda waktu dan ketika kemudian terjadi sengketa. Hal-hal ini yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan waktu," ungkap Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Maka dari itu, Wakil Ketua DPR RI ini menuturkan Partai Gerindra masih melihat dinamika yang terjadi perihal penetapan jadwal Pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga: Golkar Setujui Usulan Pemerintah yang Ingin Gelar Pemilu 2024 pada 15 Mei

Terlebih dalam beberapa waktu mendatang Komisi II DPR bersama dengan pemerintah akan menggelar rapat  konsinyering.

"Iya kami  jadi memang melihat dinamika yang terjadi. Kita juga sedang melakukan kajian yang mendalam pada sore hari ini dan mulai besok akan ada konsinyering antara Komisi II dengan pemerintah," tutup Dasco.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah mengusulkan agar Pilpres dan Pemilu 2024 digelar pada 15 Mei 2024.

Hal itu berdasarkan hasil rapat internal yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam, Menseskab Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan, di Istana, Jakarta, Senin (27/9).

Mahfud dalam pernyataan resminya dalam akun YouTube Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, menjelaskan pemerintah telah melakukan simulasi tentang tanggal pemilihan, pemungutan suara presiden, dan legislatif pada tahun 2024.

"Ada tiga pilihan tanggal pemilu, yakni 24 April, 15 Mei, 8 Mei atau 6 Mei," katanya dikutip dari ANTARA. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X