Pemimpin Kudeta di Guinea Dilantik Sebagai Presiden

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 09:35 WIB
Kolonel Mamady Doumbouya dilantik sebagai presiden sementara Guinea pada hari Jum'at. (REUTERS/Souleymane Camara)
Kolonel Mamady Doumbouya dilantik sebagai presiden sementara Guinea pada hari Jum'at. (REUTERS/Souleymane Camara)

Mamady Doumbouya telah dilantik sebagai presiden sementara Guinea pada hari Jum'at (1/10/2021), setelah memimpin kudeta yang menggulingkan presiden Alpha Conde.

Kudeta yang terjadi pada 5 September dikecam secara luas. Hal ini menyebabkan badan Afrika Barat Ecowas dan Uni Afrika menangguhkan Guinea.

Ecowas juga menjatuhkan sanksi terhadap para pemimpin kudeta dan menuntut kembalinya tatanan konstitusional dalam waktu enam bulan.

Baca juga: Tentara Guinea Mengklaim Mereka Telah Merebut Kekuasaan dari Presiden Alpha Conde

Berbicara di Istana, presiden baru itu mengatakan misinya adalah untuk membangun kembali negara dengan menulis sebuah konstitusi baru, mengatasi korupsi, mengubah sistem pemilihan dan menerapkan pemilihan umum yang bebas, kredibel, dan transparan.

Dia juga berjanji untuk menghormati semua komitmen nasional dan internasional yang telah dianut negara itu.

Sementara itu, junta militer Guinea belum menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pemilihan umum.

Para pemimpin kudeta menahan Conde (83) setelah mengambilalih Guinea. Sementara itu Kolonel Doumbouya meyakinkan media prancis bahwa Conde berada di tempat yang aman. Tapi sampai saat ini keberadaannya masih belum jelas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X