Peristiwa 7 Juni: Lahirnya Komnas HAM hingga Pemilu Pertama di Era Reformasi

- Senin, 7 Juni 2021 | 11:33 WIB
Ilustrasi Pemilu. (Pexels/Element5 Digital)
Ilustrasi Pemilu. (Pexels/Element5 Digital)

Banyak peristiwa menarik yang terjadi pada tanggal 7 Juni. Beberapa di antaranya adalah dimulainya sesuatu atau menjadi tonggak sejarah.

Mulai dari mendaratnya Soyuz 11 hingga pemilihan umum pertama di era reformasi di Indonesia. Dilansir Indozone dari berbagai sumber, inilah beberapa peristiwa menarik yang terjadi pada 7 Juni.

1. Misi Pertama Mendarat di Stasiun Luar Angkasa (1971)

-
Tiga kosmonaut yang meninggal dunia di Soyuz 11. (Wikipedia)

Pada tahun 1971 terjadi keberhasilan misi pertama yang mendarat di stasiun luar angkasa, yakni saat Soyuz 11 mendarat di stasiun luar angkasa Salyut 1. Kabin ini berisi tiga kosmonaut yaitu Georgi Dobrovolski, Viktor Patsayev dan Vladislav Volkov. Soyuz 11 diluncurkan pada 6 Juni dari Kosmodrom Baikonur dan mendarat satu hari berikutnya. Mereka berada di stasiun luar angkasa selama 22 hari. Namun saat kembali pada 30 Juni 1971, ketiganya ditemukan sudah meninggal.

2. Komnas HAM Berdiri (1993)

-
Logo Komnas HAM. (Komnasham.go.id)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM merupakan sebuah lembaga mandiri di Indonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya dengan fungsi melaksanakan kajian, perlindungan, penelitian, penyuluhan, pemantauan, investigasi, dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia. Pada awalnya, Ketua Komnas HAM memiliki periode jabatan 2,5 tahun. Namun mulai 2013, masa jabatan menjadi satu tahun.

3. Kemunculan Internet di Indonesia (1994)

-
Ilustrasi sambungan internet. (Pexels/Pixabay)

Randy Bush dari Portland, Oregon, Amerika Serikat melakukan ping pertama ke Indonesia, yaitu IPTEKNET yang kemudian dilaporkan ke rekan-rekan di Natonal Science Foundation (NSF), AS. Dalam laporan sambungan IP pertama Indonesia dari IPTEKNET berupa leased line 64 Kbps membutuhkan waktu ping sekitar 750ms dari Amerika Serikat.

BACA JUGA: Gelar Live Music DJ, Satpol PP Segel Caspar Jakarta

4. Pelaksanaan Pemilu Pertama di Era Reformasi (1999)

-
KPU Medan menggelar simulasi pencoblosan dengan penerapan protokol kesehatan. (ANTARA)

Pada tahun ini pertama kalinya Indonesia melaksanakan pemilihan umum pertama di era reformasi setelah 32 tahun di bawah pemerintah Orde Baru Presiden Soeharto. Pemilu itu diikuti 48 partai dan dimenangkan oleh PDI Perjuangan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X