The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Megawati Terharu Saat Terima Bintang Jasa Persahabatan dari Putin, Teringat Sang Ayah
Megawati menerima penghargaan Bintang Jasa Persahabatan dari Rusia. (photo/Instagram@pdip)
News

Megawati Terharu Saat Terima Bintang Jasa Persahabatan dari Putin, Teringat Sang Ayah

Rabu, 02 Juni 2021 17:45 WIB 02 Juni 2021, 17:45 WIB

INDOZONE.ID - Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri menerima penghargaan Order of Friendship atau Bintang Jasa Persahabatan dari Republik Federasi Rusia, Rabu (2/6/2021). Dalam kesempatan itu, Megawati yang sambil terharu mengaku teringat sosok ayahnya, Ir. Soekarno.

Pemberian penghargaan itu diwakilkan oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Rencananya, penghargaan itu diberikan langsung oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin di Moskow, tahun lalu. Namun akibat pandemi Covid-19, Putin mengutus Lyudmila menyerahkannya di Indonesia kepada Presiden Megawati.

Usai menerima penghargaan itu, Megawati bercerita soal ayahnya yang merintis hubungan baik Indonesia dengan Rusia.

"Sungguh sebuah hari yang membahagiakan saya mendapat kehormatan ini karena, maaf, saya teringat kepada ayah saya. Karena saya sangat mengerti bahwa beliau yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dan Indonesia," kata Megawati sambil berusaha menahan tangis, dikutip dari tayangan akun YouTube PDI Perjuangan, Rabu.

Megawati teringat saat masih kecil pernah diajak Soekarno menjemput pemimpin Rusia saat itu, Kliment Voroshilov yang berkunjung ke Indonesia.

Menurutnya, kunjungan Kliment Voroshilov merupakan titik awal terjalinnya hubungan baik Indonesia-Rusia.

Megawati tak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada Vladimir Putin atas pemberian Bintang Jasa Persahabatan ini.

"Tolong sampaikan salam hangat saya dan terima kasih yang sangat besar atas penghargaan ini dari beliau karena menurut saya, saya dan beliau mempunyai sebuah ikatan pribadi," kata Megawati.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US