Sertifikat Vaksin Presiden Jokowi Bocor, Kominfo Lempar 'Bola Panas' ke Kemenkes

- Jumat, 3 September 2021 | 15:04 WIB
Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres)
Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres)

Sertifikat vaksin milik Presiden Jokowi diduga bocor dan beredar di media sosial. Begitu pula dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Presiden Jokowi, tanggal vaksinasi serta nomor batch vaksin.

Dalam keterangan sertifikat vaksin, disebutkan bahwa Jokowi telah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis kedua pada 27 Januari 2021.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan data di aplikasi PeduliLindungi aman.

"Integrasi eHac ke aplikasi PeduliLindungi dan migrasi aplikasi PeduliLindungi, PCare dan Silacak ke data center Kominfo baru saja dilakukan dan saat ini data PeduliLindungi di data center Kominfo aman," kata Johnny, dikutip dari Antara, Jumat (3/9/2021).

Namun, terkait sertifikat vaksin Jokowi yang beredar di media sosial, Kominfo melemparkan "bola panas" kepada Kementerian Kesehatan selaku wali data COVID-19.

Kemenkes sampai saat ini belum memberi penjelasan terkait bocornya sertivitas vaksin Jokowi. Sejauh ini, di aplikasi PeduliLindungi tidak ada  fitur untuk melihat sertifikat vaksin milik pengguna lain.

Sementara di situs resmi PeduliLindungi.id, pengguna bisa memasukkan nama lengkap dan NIK untuk mengecek status vaksinasi.

Di lain pihak, Jubir Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyayangkan tersebarnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan sertifikat vaksin Covid-19 milik Jokowi.

"Menyayangkan kejadian beredarnya data pribadi tersebut," ungkap Fadroel kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Fadjroel meminta pihak-pihak terkait segera mengambil tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Dia juga berharap data pribadi masyarakat lainnya dapat dilindungi agar tidak terjadi kejadian serupa.

"Pihak terkait segera melakukan langkah untuk cegah kejadian serupa, termasuk melindungi data masyarakat," lanjut dia.

Namun, sebenarnya NIK Presiden Jokowi sudah beredar sejak Pilpres 2019. Kamu bahkan bisa melihat NIK Presiden Jokowi situs Komisi Pemilihan Umum.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X