Polisi Australia Berhasil Menangkap 200 Orang yang Terlibat dalam Jaringan Narkoba Global

- Selasa, 8 Juni 2021 | 14:39 WIB
Ratusan orang ditangkap dalam Operasi Ironside antara Australia dan FBI (REUTERS/AUSTRALIAN FEDERAL POLICE)
Ratusan orang ditangkap dalam Operasi Ironside antara Australia dan FBI (REUTERS/AUSTRALIAN FEDERAL POLICE)

Polisi Australia telah menangkap lebih dari 200 orang dalam Operasi Ironside antara Australia dan FBI, setelah mengungkap jaringan narkoba global yang luas menggunakan aplikasi pesan terenkripsi.

Penggerebekan digital membuka hampir 25 juta pesan tentang impor narkoba dan plot pembunuhan, kata para pejabat pada hari Selasa (8/6/2021), dikutip dari Mirror.

Operasi bernama Ironside menemukan lebih dari seratus senjata dan menyita miliaran uang tunai.

Pihak berwenang mengatakan operasi bersama antara Australia dan Biro Investigasi Federal AS, yang dimulai pada 2018, telah menjerat penjahat di Australia, Asia, Amerika Selatan, dan Timur Tengah.

Polisi mengatakan para penjahat itu terlibat dalam perdagangan narkotika global.

-
Senjata yang disita. (REUTERS/AUSTRALIAN FEDERAL POLICE)

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan operasi itu merupakan pukulan berat terhadap kejahatan terorganisir, tidak hanya di negara ini, tetapi juga yang akan menggema di sekitar kejahatan terorganisir di seluruh dunia.

Ketika seorang tokoh dunia bawah Australia mulai mendistribusikan aplikasi kepada rekan-rekannya sebagai sarana aman untuk berkomunikasi, otoritas penegak hukum dapat memantau semua pesan mereka.

Geng percaya sistem itu aman karena ponsel tidak memiliki kemampuan lain. Tidak ada fungsi suara atau kamera yang dimuat dan aplikasi dienkripsi.

Sebanyak 224 orang ditangkap pada hari Senin, termasuk anggota geng motor yang dilarang, dan 104 senjata api yang disita serta uang tunai.

Selandia Baru mengatakan telah menahan 35 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X