Gagal Pulang, 2 Pasien Ini Harus Nginap 5 Hari Lagi di RSPI

- Kamis, 12 Maret 2020 | 18:09 WIB
Direktur RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH (kanan) menyatakan dua pasien yang tadinya bisa pulang hari harus menginap lagi setidaknya lima hari. (INDOZONE/Sigit Nugroho)
Direktur RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH (kanan) menyatakan dua pasien yang tadinya bisa pulang hari harus menginap lagi setidaknya lima hari. (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso (RSPI Sulianti Saroso), Mohammad Syahril, mengatakan dua pasien positif tertular virus corona (Covid-19) kembali dirawat dan masuk ruang isolasi selama lima hari ke depan. 

Sebelumnya, mereka diperkirakan bisa pulang hari ini setelah hasil tes medis kedua kalinya jika memang negatif Covid-19 atau ada konversi status dari positif ke negatif.

"Mereka akan diisolasi lima hari ke depan lagi," kata Syahril dalam keterangan pers di RSPI Sulanti Suroso, Jakarta Utara, Kamis (12/3/2020).

-
RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara (INDOZONE/Arya Manggala)

Syahril mengatakan, kedua pasien itu saat ini belum bisa dipastikan apakah sudah negatif terjangkit Covid-19. Sebab, baru sekali menjalin tes medis dan hasil medis tes kedua kalinya belum keluar hingga kini.

Manajemen RSPI Sulanti Suroso pun akan menunggu hasil tersebut sebelum memutuskan kedua pasien itu dipulangkan ke rumahnya.

"Baru sekali (tes), makanya kita harus dua kali. Hari ini sebetulnya harus ada hasil, tapi belum ada hasil," ungkapnya.

Pemeriksaan atau tes hingga dua kali, kata Syahril, sudah menjadi prosedur baku yang harus dijalani para pasien baik yang sebelumnya positif maupun yang masuk kategori Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Langkah ini pun dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan masih adanya virus corona yang menjangkit para pasien.

"Ya, makanya tadi saya katakan pola ini kan belum ada kecenderungan, jadi (hasil tes) bisa positif, positif, negatif dan sebagainya. Bisa negatif, untuk itu kita waspada betul. Begitu dia positif, maka dia tidak boleh dikeluarkan dari ruang isolasi," tambahnya. 

-
RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara (INDOZONE/Arya Manggala)

Tunda Kepulangan

Dia menambahkan, sehari sebelumnya pihaknya memprediksi hasil tes medis kedua dari pasien tersebut bisa keluar hari ini dan fakta di lapangan lain. Karena itu, pihaknya pun memutuskan untuk menunda pemulangan kedua pasien tersebut dan kembali dirawat intensif.

"Tadi rencana mau kita pulangkan hari ini, ternyata sampai hari ini (hasil) laboratoriumnya belom selesai, dan kita belom mendapatkan hasil," paparnya.

Ia menyebutkan, adapun dua pasien yang sebelum positif Covid-19 dan direncanakan pulang hari ini setelah hasil tes keluar itu masing-masing pasien nomor 3 dan 6 berdasarkan urutan dirujuk ke RSPI. Namun, jika jumlah kasus secara nasional itu bernomor 3 dan 10.

"Kita, sebagaimana SOP (standar operasional prosedur) yang ada negatif harus dua kali tes. Sehingga kami menunggu dulu sampai ada hasil negatif," tuturnya.

Meskipun belum dipulangkan hari, lanjut Syahril, kondisi kedua pasien tersebut saat ini dalam keadaan baik dan stabil. Tim medis akan memantau dan mengamati perkembangan keduanya di ruang isolasi RSPI.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X