Manfaat Lain Dari Tes DNA, Nggak Hanya Mengetahui Riwayat Keturunan

- Jumat, 16 Agustus 2019 | 12:34 WIB
ANTARA/Ida Nurcahyani
ANTARA/Ida Nurcahyani

Pengujian asam deoksiribonukleat (DNA) dikenal sebagai salah satu proses untuk mengetahui garis keturuanan. Namun kini , DNA juga berfungsi untuk mendeteksi risiko penyakit dalam gen seseorang.

Manajer Laboratorium Genetics Indonesia Erlin Soedarmo mengatakan bahwa setiap individu lahir ke dunia dengan DNA yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

-
Ilustrasi/Pixabay

 

“Setiap individu di dunia terlahir unik karena DNA satu individu dengan individu lain berbeda. DNA merupakan informasi dasar yang mengkode siapa kita. Jika secara farmakokinetik kita tahu tubuh kita seperti apa, maka kita akan tahu cara terapi yang tepat untuk tubuh,” ungkapnya.

Wanita yang telah menggeluti bidang genetika selama 30 tahun ini mengatakan bahwa DNA juga bermanfaat untuk mengetahui kebutuhan vitamin dan kecenderungan metobolisme tubuh yang berbahaya untuk kesehatan dari jenis makan yang dikonsumsi. Tak hanya itu, menurutnya DNA juga bisa memberikan rekomendasi pola hidup sehat seseorang meskipun hanya sebesar lima persen.

“Selebihnya adalah faktor lingkungan, pola hidup, pola makan, pola olahraga dan lain-lain. Jika kita tahu tubuh kita seperti apa, faktor DNA bisa dikendalikan,” ujarnya.

-
Ilustrasi/Pixabay

 

Sebuah perusahaan bioteknologi Genetics Indonesia membuat layanan pemeriksaan tes genetika berbasis internet yang diberi nama DNAku. Sistem pengujian ini diklaim mampu menjelaskan informasi DNA menjadi profil genetik.

DNAku sendiri menawarkan lima jenis pemeriksaan yaitu, pemeriksaan kulit, metabolisme, olahraga, nutrisi, dan diet, serta leluhur atau ancestry.

Masing-masing pemeriksaan dari DNAku memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pemeriksaan kulit sendiri bertujuan untuk mengetahui jenis kulit, risiko kelainan kulit serta vitamin apa yang dibutuhkan untuk kulit. Pemeriksaan metabolisme bertujuan untuk mengetahui kinerja metabolisme tubuh dan menjelaskan respon tubuh terhadap jenis makanan yang dikonsumsi.

-
Ilustrasi/Pixabay

 

Pemeriksaan olahraga sendiri berfungsi untuk menjelaskan jenis olahraga apa yang sesuai dan risiko cedera yang bisa saja dialami. Sedangkan pemeriksaan nutrisi dan diet bermanfaat untuk mengetahui jenis makanan apa yang berpengaruh pada berat badan, obesitas, dan penjelasan tentang respon tubuh setelah saat olahraga. Pemeriksaan ancestry sendiri bertujuan untuk mengetahui garis keturunan.

Untuk menggunakan DNAku, orang-orang hanya perlu membuat akun di laman dnaku.id dan melakukan pembelian. Setelah melakukan proses registrasi, kit pengambilan sampel kemudian akan dikirim ke pelanggan. Kit digunakan untuk mengambil sampel DNA pada lapisan dalam pipi yang kemudia sampel itu akan dikirim ke lab DNAku.

Direktur Genetics Indonesia, Simon mengatakan Genetics Indonesia telah melakukan proses ekstraksi dan sequencing DNA sehingga data pengguna terjamin keamanannya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X