Update Virus Corona: 2.800 Lebih Meninggal Dunia, Indonesia Masih Aman

- Jumat, 28 Februari 2020 | 12:50 WIB
Virus corona yang terus menjadi perhatian publik (REUTERS/Edgard Garrido)
Virus corona yang terus menjadi perhatian publik (REUTERS/Edgard Garrido)

Penyebaran virus corona masih berlanjut dan belum dapat dipastikan kapan penularan wabah ini berhenti. Laporan terkini menyebut angka kematian dan jumlah penderita terus bertambah. 

World Health Organization (WHO) menyebut virus Covid-19 sebagai wabah penyakit baru. Seperti dilansir Gisand Data, Jumat (28/2/2020), tercatat 56 negara telah terjangkit Covid-19, dengan total kasus sebanyak 83.378 dan kematian 2.858 jiwa.

Di Tiongkok, negara asal penyebaran virus corona, melaporkan kematian paling banyak terjadi di provinsi Hubei, sebanyak 2.682 nyawa. Di Henan, terdapat 20 kematian, dan di Heilongjiang ada 13 orang meninggal dunia. Sementara, di luar Tiongkok, sudah ada 26 kematian yang terjadi di Iran.

-
Ilustrasi ilmuwan tengah meneliti virus corona (elements.envato)

Negara kedua setelah Tiongkok yang terjangkit Covid-19 tertinggi yaitu Korea Selatan, yakni dengan 2.022 kasus. Kemudian, di kapal pesiar Diamond Princess Jepang 705 kasus. Penyebaran virus corona boleh dibilang merata di semua benua.

Meski telah menyebar di sejumlah negara di setiap benua di dunia, Indonesia masih aman dari penyebaran virus corona. Namun, Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di luar negeri sudah ada yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-2019.

-
Ilustrasi tim medis tengah bekerja (Unsplash.com)

Seorang warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan dinyatakan positif virus Covid-19. Pasien tersebut merupakan seorang pekerja migran asal Indonesia.

"Betul ada PMI (pekerja migran Indonesia) kita. Sekarang sudah dalam pengawasan karantina Taiwan," kata Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei Didi Sumedi, dilansir ANTARA.

Atas kasus tersebut, KDEI mengeluarkan imbauan kepada warga negara Indonesia di Taiwan agar segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat apabila mengalami gangguan pernapasan, batuk, demam, dan sesak napas.


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X