Singapura Dominasi Pendanaan dan Keberadaan Fintech

- Minggu, 17 November 2019 | 10:29 WIB
Fintech Expo. (Indozone/Alwan)
Fintech Expo. (Indozone/Alwan)

Perusahaan Financial Technology (Fintech) terus berkembang di wilayah Asia Tenggara. Namun, ternyata lebih dari setengah atau 51 persen, pendanaan diberikan pada perusahaan keuangan digital asal Singapura.

Selain itu, 45 persen dari jumlah perusahaan Fintech di ASEAN berada di Singapura. Data ini, dilansir United Overseas Bank (UOB), PwC dan Singapore FinTech Association (SFA).

Dari laporan, disebutkan, Singapura kian mapan terkait industri keuangan digital ketimbang negara-negara lain di ASEAN, termasuk Indonesia. Bahkan, layanan keuangan digital ini, masih tergolong sektor baru di beberapa negara lain di ASEAN.

Negara di luar Singapura, sebagian besar pemainnya masih berfokus pada solusi pembayaran. Paling tidak, sektor yang mendapatkan pendanaan lebih banyak adalah teknologi asuransi, pembayaran, dan pinjaman personal paling banyak memperoleh pendanaan. 

Head Group Channels and Digitalisation United Overseas Bank Limited (UOB), Janet Young mengatakan, Singapura memiliki iklim regulasi dan bisnis yang kondusif, serta menarik minat investor. 

"Kemapanan sektor ini di Singapura, juga terus menjadikan negara ini sebagai lokasi menarik bagi kalangan perusahaan yang ingin memanfaatkan peluang pertumbuhan ASEAN," ujarnya dalam laporanya yang dilansir Sabtu (16/11).  

Ia menegaskan, para pemain  layanan keuangan digital ini, menemui tantangan ketika memperluas bisnisnya di ASEAN, mengingat kawasan ini termasuk salah satu wilayah yang paling majemuk di dunia. 

"Untuk itu, perusahaan perlu menemukan mitra yang tepat serta mampu melengkapi pengalaman, wawasan, dan koneksi mereka dalam menjelajahi beragam kerangka regulasi dan lanskap operasional di ASEAN," katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Sudah 2,4 Juta Akun Terdaftar Jadi Pelamar CPNS 2019

Kemensos Kembangkan Kawasan Siaga Bencana di Pesisir Selatan Jawa

Melawan Petugas, 2 Terduga Teroris Ditembak Mati

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X