Kota Semarang Juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

- Jumat, 14 April 2023 | 09:28 WIB
Kota Semarang sebagai juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah. (Istimewa)
Kota Semarang sebagai juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah. (Istimewa)

Keseriusan Pemerintah kota Semarang dalam menjalankan pembangunan kembali memperoleh apresiasi.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menempatkan Kota Semarang sebagai juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Alhamdulillah hari ini saya mewakili Pemerintah Kota Semarang dan teman-teman semuanya menerima penghargaan PPD tahun 2023 yang pada tahun lalu Pemerintah Kota Semarang kan tidak diikutsertakan karena sudah tiga kali berturut-turut menjadi juara," tutur mbak Ita, sapaan akrab wali kota usai menerima penghargaan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (13/4/2023).

"Ini juga sedang proses (penilaian) di tingkat nasional mudah-mudahan nanti di tingkat nasional Kota Semarang bisa meraih lagi penghargaan sebagai juara pertama," imbuh wali kota perempuan pertama di ibu kota Jawa Tengah tersebut.

Baca juga: Wapres RI Ma'Ruf Amin Puji MPP Kota Semarang

Mbak Ita lebih lanjut menjelaskan bahwa pihaknya selalu menerapkan konsep bergerak bersama yang dikaitkan dengan program-program prioritas pemerintah pusat di setiap perencanaan pembangunan.

Ini sekaligus menunjukkan bahwa dalam membangun Kota Semarang, Mbak Ita dan jajarannya berkomitmen untuk turut mensukseskan program pemerintah pusat secara optimal. 

"Perencanaan (pembangunan) di Kota Semarang ini ada benang merahnya dengan program-program yang menjadi instruksi dari bapak presiden. Ini bisa menjadi role model juga bagi daerah-daerah yang lain," kata Mbak Ita.

Sementara itu, pada acara  tersebut, juara 1 PPD 2023 tingkat provinsi Jawa Tengah untuk kategori kabupaten diraih oleh Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Mbak Ita Dorong PKK dan Dekranasda Kolaborasi dengan Pemkot Semarang

Selanjutnya, Kabupaten Temanggung dan Kota Semarang akan mewakili Jawa Tengah untuk bersaing dengan daerah-daerah lain di PPD tingkat nasional.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi capaian kota Semarang. Bahkan dirinya yakin jika target pertumbuhan ekonomi kota Semarang bisa sampai angka 6.

"Jadi akumulasi seluruh kesuksesan itu dari seluruh kabupaten dan kota juga. Target pertumbuhan ekonomi kota Semarang mungkin bisa sampai di angka 6. Angka IPM Kota Semarang tinggi. Ini adalah ciri-ciri (karakteristik) kota," pungkas Ganjar.

Artikel Menarik Lainnya: 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X