Ganjar Jadi Capres, Relawan Syukuran Serba Angka 7, Ini Maknanya!

- Jumat, 28 April 2023 | 14:27 WIB
Relawan Ganjar di Ponorogo Syukuran Serba 7. (Z Creators/Ahmad Fauzy)
Relawan Ganjar di Ponorogo Syukuran Serba 7. (Z Creators/Ahmad Fauzy)

Dua partai telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari partai mereka. Adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri mengumumkan bahwa rekomendasi capres turun ke Ganjar Pranowo. Deklarasi itu dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor pada 21 April 2023 lalu.

Sedangkan Plt Ketua Umum (Ketum) PPP Muhammad Mardiono mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres dari partai berlambang Ka'bah itu di kompleks kediaman Mardiono di Pakem, Sleman. 

Karena itu, ratusan relawan Ganjar Pranowo di Ponorogo menggelar tasyakuran. Tasyakuran di bumi reog ini cukup unik karena dilakukan drngan serba angka tujuh.

Dimana ada buceng (tumpeng) berjumlah tujuh. Kemudian ada ayam panggang juga berjumlah tujuh. Dan dipilih acara syukuran pada tanggal 27 April 2023. Serba tujuh yang dipilih bukan tanpa arti.

-
Relawan Ganjar di Ponorogo Syukuran Serba 7. (Z Creators/Ahmad Fauzy)

Angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut pitu. Juga disebut pitulungan atau pertolongan. Juga tanggal 27 itu, 2 ditambah 7 jika dijumlah 9. Seperti diketahui 9 adalah angka tertinggi. 

“Semoga Mas Ganjar (Ganjar Pranowo) mendapatkan angka terbanyak,” ujar salah satu relawan, Barno, Jumat (28/4/2023)

Selain itu juga ada lilin berjumlah 7 yang telah dinyalakan.  Ini juga ada filosofi sendiri. Ketika lilin dinyalakan artinya semangatnya berkobar.

“Ini bentuk syukur. Semua relawan Ganjar Pranowo hadir. Pasalnya selama ini khawatir jika Gubernur Jawa Tengah itu tidak mendapatkan rekomendasi," kata Barno.

Dan sampai sekarang ini malah mendapatkan rekomendasi dari 2 partai. Ini merupakan bentuk syukur relawan Ganjar kepada Tuhan.

“Yang hadir dalam acara syukuran Ganjar Pranowo dari berbagai kalangan. Mulai Des Ganjar, Ganjaris, Mabes Ganjar, Santri Ganjar dan lain-lain. Juga ada dari PDI Perjuangan dan PPP,” jelas Barno.

Menurutnya ini acara spontan dari relawan. Dimana semua warga tanpa dikomando menyumbang untuk acara syukuran. Mulai dari mengiri gula, jajan. 

“Ini bentuk rasa syukur kami,” pungkasnya.

Artikel menarik lainnya: 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X