Bantu Tangani Korban Gempa Cianjur, Ketum PKB Kirim Tim Khusus ke Lokasi Bencana

- Selasa, 22 November 2022 | 22:55 WIB
Tim khusus PKB di lokasi gempa Cianjur. (Dok PKB).
Tim khusus PKB di lokasi gempa Cianjur. (Dok PKB).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengirimkan tim khusus untuk melakukan aksi tanggap bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Adapun tim khusus ini bertujuan untuk membantu para korban dari gempa yang merenggut korban jiwa 268 orang.

Menurut Ketua Tim DPP PKB Peduli Cianjur, Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, pihaknya langsung menuju lokasi gempa di Cianjur guna menyalurkan beberapa kebutuhan di dalam situasi tanggap bencana yang terjadi sekarang ini.

“Hari ini kami berangkat ke lokasi gempa di Cianjur untuk menyampaikan duka mendalam dari Gus Muhaimin atas bencana yang dirasakan saudara-saudara kami di Cianjur.  Kami menyiapkan beberapa kebutuhan untuk situasi tanggap bencana” kata Cucun dalam keterangan yang diterima Indozone, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: PSI Minta Pemprov DKI Adil soal Dana Hibah untuk PWNU, PW Muhammadiyah dan MUI Jakarta

Adapun Tim DPP PKB Peduli Cianjur terdiri dari Ketua Fraksi PKB DPR RI sekaligus pimpinan rombongan Cucun A Syamsurijal, Wakil Ketua Komisi VII Marwan Dasopang, Anggota Komisi VIII Maman Imanul Haq, Lukman Hakim, dan Nurhud Yusro. 

Selain itu bergabung juga Ketua DKN Garda Bangsa Tomy Kurniawan, Bendahara DKN Garda Bangsa Rano Alfath. Tak ketinggalan anggota Fraksi PKB asal Cianjur Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz. 

Cucun mengatakan gempa Cianjur memang cukup menyesakkan. Apalagi telah merenggut korban jiwa tewas sebanyak 268 orang, dan mayoritas adalah anak-anak. 

“Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama. Maka sebisa mungkin kita lakukan upaya membantu untuk meringankan beban psikologis para korban,” ujarnya. 

Baca Juga: Anak Eks Petinggi Polri Dipolisikan, Kasusnya Terkait Penipuan Jual-Beli Ruko

Dia mengungkapkan sesaat setelah kejadian Gempa Cianjur, Gus Muhaimin langsung mengumpulkan jajaran DPP PKB. Kebetulan saat itu para pengurus DPP sebagian besar berkumpul karena barus saja menghadiri launching pembentukan lembaga saksi PKB dalam Pemilu 2024. 

“Saat itu juga Gus Muhaimin memimpin doa khusus dan menginstruksikan membentuk tim Peduli Gempa Cianjur untuk mengkosolidasikan bantuan dari kader baik yang di legislatif maupun eksekutif,” ujarnya. 

Ditambahkan Cucun, untuk tahap pertama terkumpul 1.500 paket sembako, Tim tenaga medis, ratusan paket obat-obatan dan uang tunai Rp100 juta. DPP PKB juga menginstruksikan pembentukan Posko Bencana di beberapa tiitk di Cianjur dan sekitarnya. 

“Bantuan ini akan disalurkan melalui DPC PKB Cianjur dan Relawan Gus Muhaimin yang akan turun membantu dari proses tanggap bencana hingga proses rehabilitasi  nanti,” beber dia. 

-
Ketua Tim DPP PKB Peduli Cianjur, Cucun Ahmad Syamsurijal di lokasi gempa. (Dok PKB).

Lebih jauh, Cucun pun meminta agar semua pihak waspada terhadap potensi terjadinya bencana di berbagai wilayah di Indonesia. Sesuai dengan prediksi BMKG potensi bencana di akhir tahun ini cukup tinggi baik bencana hidrometrologi maupun bencana lain. 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X