Presiden Jokowi Minta Ini kepada Media Mainstream dalam HPN 2023, Apa Ya?

- Kamis, 9 Februari 2023 | 14:21 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA)

Hari Pers Nasional (HPN) 2023 jatuh pada 9 Februari 2023. Dalam perayaan HPN 2023 di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta media arus utama (mainstream) menjadi rumah penjernih informasi atau clearing house of information.

Sekadar informasi, tahun ini merupakan peringatan HPN ke-28 sejak pertama kali diselenggarakan pada 9 Februari 1985. Tema peringatan HPN 2023 ialah "Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat".

"Insan media arus utama, media mainstream justru sangat dibutuhkan untuk menjadi 'rumah penjernih informasi'. Penting sekali menjadi clearing house of information," kata Presiden Jokowi, INDOZONE melansir dari ANTARA, Kamis (9/2/2023).

-
Presiden Jokowi (Youtube/Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Sosok Ruhana Kuddus, Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia yang Punya Pengaruh Besar

"Menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan bagi kita semua," tambah Presiden Jokowi.

Peran media arus utama, lanjutnya, makin penting untuk melakukan amplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta pada saat ini.

"Terutama di tengah keganasan post-truth, pasca-fakta dan pasca-kebenaran. Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimisme," ungkap Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta semua pihak, baik lembaga pemerintah di pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mendukung keberadaan media arus utama.

"Memang untuk bisa eksis secara berkelanjutan, media arus utama harus melakukan inovasi-inovasi, harus adaptif terhadap teknologi dan melakukan langkah-langkah strategis. Namun, media massa tidak boleh dibiarkan berjalan sendiri. Pemerintah dan semua pemangku kepentingan harus memberikan dukungan," tegasnya.

Memasuki tahun politik menjelang Pemilu 2024, Jokowi berpesan, media massa tetap berpegang teguh pada idealisme, bersikap objektif, dan tidak tergelincir dalam polarisasi.

"Media harus mendorong pelaksanaan Pemilu 2024 supaya berjalan jujur dan adil, serta meneguhkan persatuan Indonesia. Media massa harus tetap menjadi pilar demokrasi yang keempat dan menjadi referensi utama masyarakat dalam mendapatkan informasi," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: 5 Wanita Inspiratif di Dunia Pers Indonesia, Keluar Masuk Penjara karena Sering Kritik

Turut hadir dalam acara HPN 2023 di Medan, antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, para pemimpin perusahaan, pemimpin redaksi, dewan pers, asosiasi pers, tokoh pers, serta pejabat terkait lain.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X