Kisah Romantis Lukisan Gunung Ciremai Buatan SBY, Dilukis Sejam Setelah Salat Subuh

- Senin, 2 Januari 2023 | 19:08 WIB
Lukisan Gunung Ciremai buatan SBY (Z Creators/Baihaqi)
Lukisan Gunung Ciremai buatan SBY (Z Creators/Baihaqi)

Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bertandang ke Cirebon, Jawa Barat, Senin (2/1/2023). Kedatangan orang nomor satu di tanah air pada musim 2004-2014 ini berbeda dengan sebelumnya.

Kali ini SBY yang datang ke Kota Udang untuk mempersembahkan lukisan Gunung Ciremai. Gunung tersebut merupakan puncak tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (MDPL).

-
SBY menjelaskan keindahan Gunung Ciremai (Z Creators/Baihaqi)

Lukisan ini dipajang di salah satu ruang pertemuan Hotel Aston, Jalan Brigjen Dharsono, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kanvas berukuran 30 x 40 sentimeter itu memperlihatkan potret Gunung Ciremai dari arah Kabupaten Cirebon.

Didominasi warna gelap, lukisan ini menghadirkan suasana Gunung Ciremai di antara awan hitam.

-
Lukisan Gunung Ciremai karya SBY (Z Creators/Baihaqi)

SBY mengatakan dia mengambil potret lukisan itu setelah selesai salat subuh. Hanya dalam waktu 75 menit, tangan terampil Kepala Staf Teritorial (Kaster) ABRI (1998-1999) itu berhasil melukis Gunung Ciremai. 

“Saya melukis setelah salat Subuh, tetapi ketika saya melihat ke luar jendela hari masih cukup gelap, sehingga tepat pukul 05.30 akhirnya saya bisa melukis Gunung Ciremai dengan suasana yang asri,” kata SBY.

SBY mengatakan hobinya melukis dilakukan sejak mendiang istrinya Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyono berpulang.

-
Lukisan SBY yang dibuat cuma dalam sejam (Z Creators/Baihaqi)

Melukis baginya adalah sebuah penghiburan untuk menghilangkan kesedihan yang mendalam setelah ditinggal sang belahan jiwa.

 “Melukis membawa kedamaian dan ketenangan hidup. Ketika saya pergi ke tempat lain, saya menghabiskan waktu melukis, bahkan di luar negeri saya tetap melukis karena melukis membuat hidup saya damai dan menyenangkan,” kata SBY.

Selain melukis, SBY juga memiliki hobi lain seperti menulis buku dan esai, menulis lagu dan bermain musik.

Kemudian, ia juga mendirikan tim bola voli profesional bernama LavAni. Klub ini berada di liga profesional, kasta tertinggi dalam kompetisi bola voli Indonesia.

Memulai debutnya pada 2022, LavAni pertama kali meraih gelar juara setelah mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator di final. 

"LavAni adalah cintaku pada istriku, artinya cinta Ani," tutup SBY.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X