Berdampak Positif ke Petani, Ganjar Pastikan Bantuan Irigasi di Jateng Terus Berlanjut

- Kamis, 9 Maret 2023 | 21:15 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (Dok Ganjar)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (Dok Ganjar)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memastikan pihaknya bantuan pembangunan jaringan irigasi ke wilayah-wilayah di Jateng khususnya bagi para Petani akan terus berlanjut setiap tahunnya. Bantuan Gubernur itu terdiri dari Jaringan Irigasi Desa  dan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani.

Ganjar menyebutkan, anggaran bantuan yang disalurkan ke desa-desa pun terus bertambah setiap tahunnya. Di mana panen hasil diharapkan bisa menaikan kualitas dan kuantitas panen bagi para petani

"Kita bertambah terus (bantuannya) setiap tahun. Maka dana desa, bantuan kita ada, kabupaten kita ada, bahkan sekarang mau diturunkan lagi dari inves infrastruktur itu untuk membangun," jelas Ganjar dalam siaran persnya kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).

"Maka Jides dan Jitut itu harapan kita juga akan lebih bisa membantu pelayanan infrastruktur yang ada di desa," sambung Ganjar.

Baca Juga: Dampingi Presiden Jokowi saat Panen Raya, Ganjar: Beliau Sangat Detail

Ganjar bantuan yang diberikan ke desa dapat dimanfaatkan kepala desa dan warganya sesuai kebutuhan. Dalam pelaksanaannya, bantuan Pemprov Jateng yang diberikan ke desa pun menunjukkan hasil yang baik dan mampu dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga.

"Maka ada jaringan jalan desa, Jides dan Jitut gitu ya ada yang dipakai untuk penanganan yang mendukung pertanian. Otoritas itu kita berikan kepada mereka dan lumayan bagus," kata Ganjar.

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Panen

Sementara Ketua Kelompok Tani Sido Rukun, Desa Donosari, Mugiyo mengatakan bahwa bantuan jaringan irigasi dari Gubernur sangat bermanfaat bagi petani di desanya. Jaringan irigasi sepanjang 270 meter itu mampu mengairi lahan pertanian seluas 55 hektare. 

Kemudahan mendapatkan air irigasi, mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen di desanya. 

"Setelah dapat bantuan dari Pak Ganjar, air irigasi menjadi lancar. Khususnya untuk 55 hektare sawah dengan sekitar 400 penggarap," katanya.

Senada, Mintarjo, petani Desa Donosari menyampaikan bahwa berkat bantuan jaringan irigasi tersebut, hasil panennya meningkat. Yang semula hanya 5,1 ton per hektare, kini naik menjadi 7,2 ton padi per hektare.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan irigasi dari Pak Ganjar, hasil panennya lebih meningkat lebih memuaskan, hasil padi kami lebih berkualitas. Saya menggarap satu hektare dan hasilnya sekarang 7,2 ton. Dan kualitasnya sangat bagus," tuturnya.

Baca Juga: Saat Presiden Jokowi Panen Bersama Menteri Pertanian di Kebumen

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X