Demi Kaum Milenial, AP II Hadirkan Layanan Digital di Bandara Soetta

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 05:15 WIB
Ilustrasi suasana Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (Antara/Muhammad Iqbal).
Ilustrasi suasana Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (Antara/Muhammad Iqbal).

PT Angkasa Pura II atau AP II (Persero) sebagai operator dari 16 bandara di Indonesia tengah berupaya menghadirkan layanan berkonsep millennial travel experience, di seluruh bandara yang dikelola, termasuk Soekarno-Hatta (Soetta). 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan melalui program millennial travel experience, peningkatan layanan di bandara-bandara Angkasa Pura II terus dilakukan dengan melakukan digitalisasi.

Salah satu contohnya, yakni dengan menyediakan layanan digital Cariparkir, Movic, dan Sejalan, dengan menggandeng PT Astra Digital Internasional sebagai perusahaan aplikator. 

“Sekitar 60-70 persen penumpang pesawat di Soekarno-Hatta adalah generasi milenial, sehingga tentunya Angkasa Pura II juga melakukan transformasi digital guna mengakomodir kebutuhan mereka. Di era digital ini penumpang butuh kecepatan dan kenyamanan, itu bisa didapat dari teknologi,” ujar Awaluddin, di Tangerang, Banten, Rabu (9/10). 

Melalui transformasi digital, AP II terus melakukan upaya peningkatan pelayanan di bandara-bandara yang dikelola. Digitalisasi yang dilakukan tersebut, selain meningkatkan pelayanan, juga diharapkan menjadi sumber pendapatan baru bagi perseroan.

"Angkasa Pura II tengah fokus mencari sumber pendapatan dari bisnis non-core dan salah satunya kami melihat adanya peluang menjadikan area digital sebagai sumber pendapatan yang baru," jelas Awaluddin. 

Presiden Direktur Astra Digital Internasional, Djap Get Fa, menjelaskan tiga layanan berbasis aplikasi di Bandara Soetta.

Pertama adalah Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil, kemudian Movic untuk penyewaan mobil, dan Sejalan untuk memesan tiket bus.

“Astra Digital berinovasi dan memberikan pelayanan mobilitas yang berbasis digital di bandara. Jadi, masyarakat dapat menikmati kemudahan memarkirkan kendaraan, menyewa mobil, hingga memesan tiket bus melalui layar ponsel,” kata Tet Fa.

Untuk produk Astra Digital, akan melayani mulai dari CariParkir dengan valet parking dan servis kendaraan (CariServis), lalu Movic akan melayani melalui Airport Rent yang tersedia di Terminal 1, 2, dan 3. Kemudian Sejalan nantinya akan melayani booking tiket bus di bandara. (SN)

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X