Jokowi: Pancasila, Benteng Indonesia Hadapi Serbuan Ideologi

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 11:57 WIB
Presiden Joko Widodo memberi hormat saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila, Jakarta, Selasa (1/10). (Antara/Wahyu Putro A)
Presiden Joko Widodo memberi hormat saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila, Jakarta, Selasa (1/10). (Antara/Wahyu Putro A)

Republik Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Pancasila setiap tanggal 1 Oktober. Kebangkitan ideologi dasar dalam kehidupan di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo menyebut Pancasila adalah pemandu bagi persatuan bangsa Indonesia yang ditakdirkan beragam etnis, bahasa, adat istiadat, agama dan golongan. Sebagai dasar negara, Pancasila juga telah menjadi benteng dalam menghadapi serbuan ideologi-ideologi lain. 

"Berbagai ujian datang untuk menggoyahkan persatuan, tapi semuanya terpental oleh keteguhan kita pada komitmen bersama untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat," kata Jokowi.

Dia menambahkan, nilai-nilai Pancasila telah memandu bangsa Indonesia hingga berhasil melakukan proses demokrasi yang dikelola dengan baik. 

-
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (keempat kanan) meninggalkan lokasi seusai memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila, Jakarta, Selasa (1/10). (Antara/Wahyu Putro A)

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10) pagi.

Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dia didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X