PKS Tolak Izin Edar Obat dan Makanan Dikelola Kemenkes

- Sabtu, 14 Desember 2019 | 16:42 WIB
Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PKS Netty Prasetiyani. (Humas FPKS)
Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PKS Netty Prasetiyani. (Humas FPKS)

Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PKS meminta agar izin edar makanan dan obat bisa tetap ditangani BPOM.

Sebagai badan yang bertugas melakukan pengawasan peredaran makanan dan obat di masyarakat, BPOM harus mendapatkan dukungan penguatan kelembagaan dari DPR.

"Kemenkes urus BPJS saja belum beres, bagaimana mau urus izin edar?" ujar Netty Prasetiyani dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/12). 

Netty memaparkan tentang pentingnya masyarakat mendapatkan informasi yang jelas tentang makanan dan obat yang aman.

"Saat ini, dalam operasi yang dilakukan BPOM masih banyak ditemukan makanan dan obat ilegal yang tidak aman dikonsumsi masyarakat. Misalnya, tanpa nomor registrasi, tanpa ijin edar, kedaluarsa, rusak atau mengandung bahan berbahaya," kata Netty.

Menurut data lapangan, dalam operasi Opson VIII Tahun 2019 ditemukan bahan pangan dan obat ilegal, sebagai berikut, senilai 61 miliar pangan segar dan olahan, 172.532 pieces kemasan obat, 170.119 pieces kemasan pangan dan obat kadaluarsa atau rusak, 1,6 juta bungkus jamu dari 330 merek, serta 2217 situs layanan penjualan obat dan makanan online yang tidak sesuai dengan aturan BPOM.  

Padahal, kata Netty, masyarakat perlu mendapat jaminan perlindungan keamanan dari negara terhadap hal-hal seperti itu.

"Bagaimana kita bicara soal SDM unggul seperti yang diminta presiden, jika suplay makanan dan obat tidak terjamin keamanan dan kebaikannya. Ini perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah," ungkap Netty.

Netty berharap, masyarakat bisa membangun kesadaran terhadap makanan dan obat yang dikonsumsi sehari-hari.

"Negara mengatur dan mengawasi peradaran makanan dan obat, masyarakat sadar untuk memilih yang sehat. Pastikan cek kemasan, label, izin edar dan masa kadaluarsa sebelum membeli dan mengonsumsi pangan dan obat," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X