Ingin Cepat Akrab dengan Teman Kantor? Coba Lakukan 6 Cara Ini!

- Kamis, 4 Juli 2019 | 13:48 WIB
Pexels/Jopwell
Pexels/Jopwell

Jadi karyawan baru di dalam sebuah perusahaan tentu ada tantangannya sendiri. Mulai dari belajar memahami pekerjaan dari nol, mengenal sistem bekerja di tempat baru, hingga belajar mendekatkan diri dengan orang-orang di kantor.

Nah, bicara soal adaptasi, banyak orang yang belum terbiasa memulai perkenalan di lingkungan baru. Inilah yang membuat orang sulit menemukan orang terdekat, termasuk di tempat bekerja.

Untuk itu, supaya bisa lebih cepat akrab dengan teman kantor, beberapa cara di bawah ini mungkin bisa diterapkan. Yuk simak ulasannya!

1. Ramah Tamah dan Banyaklah Tersenyum

-
Pexels

Senyum adalah sedekah. Senyum adalah cara membuat orang lain ikut merasakan kebahagiaan kita. Nah, dua kalimat sebelumnya bisa menjadi acuan mengapa tersenyum sangat penting dilakukan. Ini juga berkaitan dengan cara memulai perkenalan di lingkungan baru. Senyuman menandakan sifat ramah tamah dan mudah didekati. Jadi, orang-orang di kantor tidak canggung untuk menegurmu.

2. Mengingat Nama Orang-orang di Kantor

-
Pexels

Untuk seorang karyawan baru, penting sekali untuk mengetahui nama-nama rekan kerja, minimal yang ada di dalam satu divisimu. Setelah tahu namanya, cobalah untuk mengingat namanya. Ini akan menjadi awal pendekatan diri dengan orang-orang di kantor.

3. Menegur dengan Sopan

-
Pexels

Nah, yang satu ini memang harus dimulai dari diri sendiri. Mungkin bisa dimulai dengan mengucapkan selamat pagi saat datang ke kantor, atau bisa dengan memberi semangat kepada sesama rekan kerja ketika hendak memulai pekerjaan.

4. Cobalah Untuk Berbaur

-
Pexels

Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan jam makan siang. Biasanya, ketika makan siang, orang-orang akan berkumpul di satu meja yang sama. Di sinilah momen untuk membuka diri. Ikutlah bercerita dengan orang-orang di kantor atau sesekali memberi respon jika memang diperlukan.

5. Bisa Diandalkan

-
Pexels

Jadilah orang yang siap sedia ketika ada teman atau rekan kerja yang membutuhkan bantuan. Tidak harus dalam bentuk yang besar, bahkan bisa dimulai dengan bertanya, "ada yang bisa saya bantu?". Jika diberi kesempatan, bantulah mereka dengan semaksimal mungkin dan tidak perhitungan.

6. Apresiasi Teman Kantor

-
Pexels

Cobalah mengungkapkan hal-hal baik kepada sesama rekan kerja, mulai dari semangat positif atau bisa juga mengapresiasi teman kantor dengan memberi pujian atas kerja mereka. Tapi, jangan sampai apresiasi itu malah berujung menjadi pujian berlebihan, karena ini akan membuat orang lain kurang respect.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X