The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terpapar Hoaks Corona Bisa Menular Lewat Jaringan, Warga Belanda Bakar Menara BTS 5G
Ilustrasi menara jaringan. (Photo/Ilustrasi/Pixabay)
News

Terpapar Hoaks Corona Bisa Menular Lewat Jaringan, Warga Belanda Bakar Menara BTS 5G

Selasa, 14 April 2020 18:32 WIB 14 April 2020, 18:32 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini beredar sebuah informasi yang mengklaim bahwa virus corona dapat menyebar lewat sebuah jaringan. Karena termakan hoaks tersebut, beberapa orang di Belanda terpaksa membakar menara Base Transceiver Station (BTS) 5G karena dianggap berbahaya.

Beberapa menara BTS 5G di Belanda dibakar sekelompok orang yang diduga pelakunya merupakan kelompok yang menentang kehadiran jaringan 5G. Mereka menilai bahwa jaringan 5G dapat membahayakan kesehatan dan privasi penggunanya.

Beberapa menara yang ada di Rotterdam, Liessel, Beesd, dan Nuenen mengalami kerusakan para karena habis terbakar. Dampak yang diberikan pun besar dan akses telekomunikasi di wilayah tersebut menjadi terganggu.

Padahal, telekomunikasi dan internet menjadi sebuah kebutuhan primer di tengah Covid-19 yang memaksa orang untuk berada di rumah. Hal itu disampaikan Direktur The Money Foundation, Rob Bongelaar yang mengawasi penggantian menara BTS, dilansir dari DW, Selasa (14/4/2020).

"Para operator melakukan segalanya untuk menjaga jaringan mobile tetap berjalan di masa sulit ini," ujar Rob Bongelaar.

"Ketersediaan infrastruktur digital yang handal itu sangat penting. Koneksi amat dibutuhkan di rumah sakit dan tempat perawatan. Tapi mereka (pelaku) malah sengaja membakar. Ini tidak bisa diterima," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa kelompok tersebut mempercayai adanya kebohongan itu. Tak hanya membakar, bahkan beberapa orang lainnya melakukan demonstrasi dan menentang adanya jaringan 5G.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US