Baret Ungu Bikin Massa Terduduk di Bawah Flyover Senayan

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 15:51 WIB
Ratusan mahasiswa bernegosiasi dengan aparat dari Marinir. (Indozone/Ivanrida)
Ratusan mahasiswa bernegosiasi dengan aparat dari Marinir. (Indozone/Ivanrida)

Peserta aksi unjuk rasa dari kalangan mahasiswa bergerak ke arah Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (2/10) siang. Namun, perjalanan mereka terhenti karena hadangan aparat gabungan. 

Puluhan personel aparat gabungan yang didomimasi personel TNI dari korps Marinir, menyambut para demonstran. Mereka bersama sejumlah anggota kepolisian menahan massa di bawah Flyover Senayan yang mengarah ke Slipi.

Pantauan Indozone, ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi itu mencoba bernegosiasi dengan aparat dari Marinir. Tujuannya agar dipersilahkan melaju ke Gedung DPR/MPR. 

-
(Indozone/Ivanrida)

 

Akan tetapi, personel Baret Ungu bergeming. Mereka tetap berdiri di posisi semula untuk menahan pergerakan massa. 

Melihat tidak ada celah, orator demonstran yang berdiri di bak mobil memerintahkan peserta aksi untuk duduk. Beberapa mahasiswa kemudian mulai berorasi dan melakukan aksi teatrikal. 

Seorang mahasiswa tergeletak di tengah jalan seperti mayat. Di sekelilingnya kemudian ada peserta aksi lain yang nampak mendoakan. 

-
(Indozone/Ivanrida)

 

Aksi itu merupakan bentuk simbolis terhadap matinya peran KPK. Mahasiswa merasa lembaga Antirasuah itu dilemahkan oleh UU KPK hasil revisi. 

Hingga pukul  15.30 WIB, massa masih menahan dan menyuarakan aspirasi di bawah kolong Flyover Senayan. Suasana pun terpantau kondusif meski aparat keamanan masih berjaga di sekitar lokasi.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X