IHSG Anjlok, Sri Mulyani Bilang Begini

- Kamis, 3 Oktober 2019 | 21:27 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani (Antara/Asprilla Dwi Adha).
Menteri Keuangan, Sri Mulyani (Antara/Asprilla Dwi Adha).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah sehingga ditutup pada zona merah, Kamis (3/10). IHSG ditutup melemah 0,28 persen ke level di bawah 6.000 dan terus berada di zona merah sejak sesi pembukaan pagi. 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan pemerintah bakal fokus pada penguatan daya tahan perekonomian dalam negeri untuk menarik minat investor, serta menghindarkan Indonesia dari paparan krisis dunia akibat perang dagang China-Amerika. 

"Pemerintah komitmen memperbaiki kebijakan, menjaga ekonomi indonesia dalam menghadapi tekanan yang sekarang berasal dari global regional. Serta fokus pada (kebijakan) fiskal, agar bisa dijalankan APBN sampe akhir tahun dengan baik," kata Sri Mulyani, di Jakarta, Kamis (3/10). 

Mantan Managing Director World Bank itu juga memastikan pemerintah terus melakukan review terhadap aturan-aturan yang menghambat investasi. Harapannya agar menggenjot investasi masuk sebanyak-banyaknya, supaya sektor riil bisa mengangkat perekonomian dalam negeri menjadi lebih baik. 

"Tentu (permasalahan global) akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada seluruh dunia. Maka dari itu kita fokus pada memperbaiki daya tahan dari ekonomi kita, melalui policy-policy yang selama ini sudah kita sampaikan," ujar Sri Mulyani

Pada kuartal II-2019, ekonomi Indonesia tumbuh 5,05 persen (year on year). Angka ini melambat dibandingkan pada capaian kuartal I-2019 sebesar 5,07 persen.

Perlambatan ekonomi Indonesia ini sudah terlihat sejak kuartal III-2018. Ketika itu ekonomi hanya tumbuh 5,17 persen dari kuartal sebelumnya yang mencapai 5,27 persen. (SN)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X