5 Mitos Gunung Mujur Malang yang Dipercaya Bawa Kemujuran

- Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:55 WIB
instagram/@yu.ni.ar
instagram/@yu.ni.ar

Ketika mendengar kota Malang, maka pikiran orang akan langsung tertuju pada banyaknya tempat wisata. Salah satu kota yang terletak di Kabupaten Jawa Timur ini dikenal dengan udaranya yang sejuk dan dingin. Ini karena daerahnya banyak terdapat pegunungan dan perbukitan.

Gunung Bromo atau Semeru menjadi dua nama gunung yang terkenal di Kota Malang. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu di sini menikmati pemandangan yang sangat indah. Namun ada satu gunung yang kurang familiar di telinga wisatawan, yaitu Gunung Mujur.

Gunung Mujur sendiri adalah sebuah perbukitan di lereng gunung Arjuna. Secara geografis, gunung ini terletak di Desa Donowarih dan Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 10 km dari Kota Batu.

Selain dikenal sebagai rute yang tajam, Gunung Mujur juga sarat dengan hal mistis. Karena lekat dengan hal mistis, ada berbagai mitos yang berkembang di masyarakat terkait dengan Gunung Mujur ini. Mau tau apa saja mitos yang berkembang tentang Gunung Mujur ini? Simak informasi berikut ini.

1. Perbukitan yang dapat berikan kemujuran dan celaka

-
instagram/@de_edam87

Beberapa orang percaya bahwa dengan datang ke Gunung Mujur ini maka akan mendapatkan kemujuran atau keberuntungan. Baik itu berupa rejeki, jodoh, penglaris dan lainnya, terlebih bila datangnya di hari Jumat Legi. Namun sebaliknya, jika pengunjung yang datang kemari berkata kotor atau bersikap buruk akan mendapatkan celaka. Hal ini juga berlaku bagi pengunjung yang mengeluh saat dalam perjalanan. Mitosnya, jika terlalu banyak mengeluh, maka apa yang dikeluhkan akan menjadi kenyataan.

2. Makam keramat

-
instagram/@zeindams

Saat sampai di Gunung Mujur, maka mata akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus yang tumbuh dengan sangat lebat. Namun di antara lebatnya pohon pinus tumbuh, terlihat gundukan-gundukan bukit berwarna hijau. Wilayah ini sudah lama dikenal sebagai tempat wisata religi. Ini karena keberadaan sebuah makam yang disakralkan. Untuk mencapai makam ini, pengunjung harus menaiki anak tangga sejauh 100 meter, seperti menaiki sebuah candi. Menurut warga, makam itu adalah makam Setakumintir, seorang patih di kerajaan Blambangana (Banyuwangi). Namun ada juga yang berpendapat bahwa itu adalah makam Ki Ageng Kertojoyo.

3. Candi Telih

-
instagram/@andi.arifianto

Candi Telih yang ada di Gunung Mujur juga menjadi salah satu situs yang keramat. Candi ini dikenal dengan mitos yang membawa nama Ken Arok, sang penguasa kerajaan Singhasari pertama. Konon katanya, candi ini adalah tempat bertemunya Ken Arok dengan Ken Umang, selir raja yang disebut sebagai wanita yang dicintai Ken Arok. Sayangnya, situs bersejarah ini tak terawat.

4. Datang tujuh kali berturut-turut dapat berkah

-
instagram/@roni_inst

Masyarakat percaya bahwa datang ke Gunung Mujur sebanyak tujuh kali berturut-turut akan mendapatkan berkah, terlebih bila datangnya di malam Jumat Legi.

5. Jadi rute favorit pecinta olahraga esktrem

-
instagram/@dimaslandy

Meskipun Gunung Mujur kurang populer, namun gunung ini menjadi lokasi yang cukup populer bagi pecinta downhill maupun motor trail. Ini karena karakter gunung yang didominasi turunan dan minim tanjakan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X